Latest Post

Bahaya Jebakan Aplikasi Pengintip Profil Facebook!!!

Baru baca bahaya jebakan Aplikasi Pengintip Profil Facebook yang ternyata berbahaya atau merugikan untuk akun facebook kita. Memang beberapa waktu lalu sering di tag oleh seseorang yang memberikan postingan atau update status tentang Rahasia atau cara mengetahui siapa saja yang telah melihat profil facebook kita. Alhamdulillah hingga postingan ini ditulis gak pernah hiraukan status ini untuk diteruskan atau diambil. Baru tadi baca ternyata bisa berbahaya atau merugikan.

Apakah sobat pernah mendapatkan tag status seperti itu? jika iya maka sobat BK harus berhati hati terhadap hal tersebut. Bisa anda akan mendapatkan panduan dan disuruh klik sebuah link dan klik suka lalu mengijinkan aplikasi tersebut mengakses semua akun anda. Bisa juga dengan klik sebuah link, kemudian anda diminta copy paste sebuah script ke dalam akun facebook anda atau kronologi atau apapun yang menyangkut profil anda. Jika anda menjadi korban ini maka, bisa saja akun anda akan mengirimkan hingga ribuan status yang sama.

Iming iming yang dijanjikan bisa tidak ada atau anda dihantarkan kehalaman suka, atau bisa seperti ada tetapi data yang diberikan adalah bohongan belaka yang memang terlihat nyata.

Yang perlu anda ketahui di facebook hal semacam ini melanggar Privacy. Sehingga facebook menjaga privacy siapapun yang mengunjungi profil Anda dan tidak akan memberikan informasi ini kepada pemilik akun Facebook yang dikunjungi ini karena menganggap bahwa informasi ini sifatnya pribadi dan akan terjadi pelanggaran hal/privasi pengunjung jika informasi ini diberikan.

Bahkan di halaman bantuan yang coba saya cari (sudah berbahasa Indonesia) jika anda menemukan hal ini maka anda bisa melaporkannya. Mengapa demikian? karena hal ini bisa dianggap penipuan dan juga Facebook tidak menyediakan data seperti ini untuk pembuat aplikasi. Silahkan lihat gambar berikut!

Bahaya Jebakan Aplikasi Pengintip Profil Facebook!!!

Iming-Iming tersebut hanya cara agar akun atau profil facebook anda bisa mention atau like beberapa page atau situs tertentu saja. Walaupun ini hanya sebatas mention (tag), ataupun like pada page atau situs tertentu. Bisa saja dimasa mendatang Script yang anda Copy Paste berisi Malware yang cukup berbahaya untuk komputer anda dan ujung-ujungnya bisa melahap semua history Akun anda dibeberapa web. Mudah-mudahan tidak ya, tetapi tidak apa-apa dong jika waspada.

Happy Blogging.

Siap Menghadapi UAN tahun 2014

UAN tahun 2014

UAN atau kepanjangan dari Ujian Akhir Nasional gelaran ujian nasional Indonesia akan digelar esok hari. Tak terasa sudah masuk Ujian Akhir Nasional lagi. Ditengah-tengah polemik UAN pemerintah tetap melaksanakan Ujian Akhir Nasional pada tahun 2014 dengan alasan perlu ada ujian yang mengukur kompetensi peserta didik pada akhir masa belajar di satuan pendidikan. Komposisi penilaian juga masih sama dengan UAn tahun 2013 yaitu (UN:nilai sekolah) 60:40.

Jadwal pelaksaan UAn tahun 2014 untuk tingkat SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB dilaksanakan pada 14-16 April 2014. Untuk UN SMP, MTs, dan SMPLB dilaksanakan pada tanggal 5-8 Mei 2014. Jadwal lebih lengkap kami sajikan pada tabel berikut:


Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014
SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB14-16 April 2014
22-24 April 2014(Susulan)
Program Paket CPeriode I14-16 April 2014
(IPA/IPS/Kejuruan)Periode II19-22 Agustus 2014
SMP, MTs, dan SMPLB5-8 Mei 2014
12-16 Mei 2014(Susulan)
Paket B/WusthaPeriode I5-7 Mei 2014
Periode II19-21 Agustus 2014


Sekarang pertanyaan, apakah siswa didik sudah siap UAN? Suka atau tidak suka maka siswa didik harus sudah siap: paling tidak ada beberapa hal yang seharusnya sudah dilakukan diantara adalah sebagai berikut:

Mengikuti pelajaran disekolah dengan baik; Walaupun tingkat penangkapan anak didik berbeda-beda setiap individunya. Dengan mengikuti pelajaran di sekolah secara teratur dan baik pasti akan ada manfaat di dalamnya. Percaya tidak percaya terserah anda.

Kuatkan pelajaran disekolah dengan memperbanyak latihan soal. Sekarang sudah banyak soal-soal latihan uan di jual di toko buku, online. Biasanya isinya adalah soal-soal uan di tahun-tahun sebelumnya. Jika melihat beberapa tahun kebelakang, soal Ujian Akhir Nasional tidak jauh berbeda dengan soal-soal sebelumnya. Bahkan bisa dikatakan hanya mengalami perubahan sekitar dua puluh lima persen hingga empat puluh lima persen saja. Konsep soal berbeda, tetapi maksud dan masalah sama. Jika biasa berlatih mengerjakan soal UAN, insya Allah ada manfaat didalamnya. Percaya tidak percaya terserah anda.

Jangan lupa berdo'a. Orang tua kita dulu yang Muslim suka, Nak Tahajjud minta tolong sama Allah supaya besok diberikan kemudahan ketika mengerjakan soal dan mendapatkan nilai akhir yang baik. Coba bayangkan, tidak sedikit anak yang setiap tahunnya nilainya biasa-biasa saja, namun begitu ujian akhir mereka lulus dengan nilaii yang cukup memuaskan, dan bahkan tidak sedikit anak yang selalu juara kelas ada yang tidak lulus ketika menghadapi UAN. Mungkin faktor inilah yang tidak pernah disadari. Segala sesuatu Allah yang menentukan. Percaya tidak percaya terserah anda.

Sepertinya hanya itu yang bisa disampaikan, Selamat menempuh Ujian Akhir Nasional siswa Didik Indonesia. Semoga Berhasil dan tetap semangat. Bila ada yang memiliki kiat lain menghadapi Ujian Akhir Nasional silahkan berbagi di kolom komentar.

Sumber gambar: Anak SMP Mengerjakan Kerajinan Sulam

Jangan Pilih Partainya di Pemilu 2014

Pemilu 2014

Tidak terasa sebentar lagi kita akan melakukan pemungutan suara di Pemilu Calon Legislatif tahun 2014. Dari pembicaraan-pembicaraan masyarakat saat ini, banyak yang akan melakukan golput (golongan putih) karena merasa sudah tidak ada wakil rakyat yang bisa dipercaya. Bagaimana dengan anda?

Jika memang tidak ikut serta pada pemungutan suara tanggal 9 April 2014 mendatang, itu adalah hak anda. Bahkan beberapa keyakinan golput adalah wajib. Mengapa demikian saya juga tidak tau. Tapi yang pasti buat apa memilih jika tidak ada pilihan calon yang bisa dipercaya.

Namun bagi yang akan ikut berpartisipasi adalah hal lain. Menggunakan hak yang memang menjadi hak warga negara. Tapi ingat bahwa Partai dan Caleg adalah sesuatu yang berbeda. Partai merupakan wadah atau organiasai perkumpulan beberapa orang yang katanya memiliki visi dan tujuan yang sama; tapi saya gak yakin. Karena apa? Lha wong diantara mereka saja saling bertarung untuk memperebutkan kursi di parlemen. Bayangin aja satu partai untuk satu dapil lebih dari satu calon anggota legislatif. Iyakan?

Partai sendiri merupakan kendaraan politik. Partai dengan wadah organisasinya dimanage oleh satu orang Ketua Umum dan di gerakkan oleh para anggotanya. Visi dan tujuan yang disampaikan semuanya baik. Karena partai yang menjalankan bisa satu arah. Ini berbeda dengan calon anggota legislatif yang diusung oleh partai. Tidak usah jauh-jauh dibandingkan dengan partai lain. Dengan partai sendiri saja setiap anggota calon legislatif pasti berbeda. Jangan karena partainya memiliki visi, tujuan dan program kerja yang baik pasti calon anggota legisltaif yang diusung pasti baik. Belum Tentu!

Jika memang anda akan memberikan suara, pilihlah calon yang sudah pasti anda kenal, kredibilitasnya, kemampuannya, akhlaknya, amanahnya. Intinya bahwa anda memilih orang yang memang bisa anda percaya, apapun partainya. Bisa saja DPRD Kota Kabupaten anda memilih calon yang diusung partai A, DPRD Provinsi anda memilih calon yang diusung Partai C, dan DPR RI anda memilih calon yang diusung partai B. Ayo kenali calonnya, pelajari programnya, baru tentukan pilihan.

Selamat mencoblos sobat BK semua, ini hanya uneg-uneg menjelang Pileg 2014. Happy Blogging.

Kuliner Balikpapan? Ya Torani Seafood!!!

Kuliner Balikpapan

Kuliner Balikpapan ? adalah sebuah hal yang kebanyakan akan ditanyakan oleh para traveller dari luar kota balikpapan. Sebenarnya kuliner adalah sebuah hal yang universal. Setiap daerah tentunya memiliki tempat makan yang menjadi favorit masyarakatnya termasuk Kota Balikpapan pasti memiliki.

Sempat mencari beberapa tahun lalu apa yang menarik dengan kuliner Balikpapan, ada yang unik dengan bandeng tanpa duri. Saya sebenarnya tidak terlalu suka yang namanya masakan berbahan ikan bandeng. Yang pertama baunya dan yang kedua durinya. Namun ketika saya datang ke Rumah Makan Torani, waktu itu saya tidak pesan tapi istri saya yang pesan, bandeng bakar. Saya coba mencicipi sedikit bandeng yang istri saya pesan ternyata dua hal yang saya tidak suka tidak saya temukan di bandeng bakar Rumah Makan Torani. Ini benar benar Kuliner Balikpapan yang merubah lidah saya 180 derajat. Setelah mengetahui rasanya, ketika kembali saya memesan bandeng bakarnya.

Beberapa waktu berselang, kami datang lagi ke RM. Torani dan kebetulan saya juga melihat menu yang namanya Steamboat. Jika dilihat rasanya Segar sekali. Dengan harga per orang perpaketnya, membuat kami memesan untuk satu keluarga. Saya tidak hafal betul bahan bahannya yang masih mentah tersebut tapi saya ingat dengan potongan cumi, ikan, kepiting, ada juga udang, kemudian bakso dan gulungan gulungan yang rasanya maknyus banget, kerang dan bahan lainnya yang saya memang tidak hafal. Karena harga paket makan sepuasnya yang gulungan gulungan itu saja yang saya makan dan juga udang serta cumi. Benar benar puas makan seafood.

Seiring berjalannya waktu. Ada perubahan bentuk steamboatnya. Waktu pertama kali datang steamboat juga ada yang dipanggang. Tapi sekarang hanya direbus seperti suki.

Cerita lain mengenai Steamboat Rumah Makan Torani adalah ketika saya membawa tamu bisnis dari Jakarta. Ketika tiba waktu makan malam, saya ajak ke Rumah Makan Torani. Ternyata mereka kaget, di Balikpapan ada juga ya Steamboat. Coba saya pesankan, kagetnya mereka lagi ternyata ada yang dipanggang. Tamu saya pun makan dengan puas hingga berkeringat. Saya bilang, Kuliner Balikpapan pasti memiliki sensasi sendiri dan juga di daerah daerah lain.

Kuliner Balikpapan


Kuliner Balikpapan

Kuliner Balikpapan

Pusat Seafood

Berbicara mengenai makanan seafood saya paling suka. Makanan dengan nutrisi lebih baik, tapi bagi yang tidak alergi ya. Bagi sobat BK dari luar Balikpapan ketika datang dan ingin mencoba Kuliner Balikpapan. Tidak ada salahnya mencoba Seafood di Rumah Makan Torani pusatnya Seafood Kalimantan. Jika meminta saran saya ya pasti saya jawab Bandeng Tanpa Duri dan Paket Steamboatnya, karena jika ke Rumah Makan Torani dua menu ini yang disuka. Siapa tau lidah anda merasakan sensasi dengan Kuliner Balikpapan. Jika masih ada yang ragu dan bertanya Kuliner Balikpapan? Ya Torani Seafood!!! Saya menjawabnya. Kontaknya ada dibawah ya...

Rumah Makan Torani
Jl. Jendral Sudirman No. 73
Stall Kuda – Balikpapan
Kalimantan Timur
Telp : 0542 – 761 250
Twitter : https://twitter.com/RM_Torani

Tips:
  • Jika anda ingin mencoba Steamboat RM. Torani sebaiknya menikmatinya di malam hari. Cuaca lebih sejuk akan mendukung suasananya. Sehingga anda benar-benar bisa menikmati Kuliner Balikpapan.
  • Sebisa mungkin anda pesan tempat, sebelum berangkat. Siapa tahu saja tempat sudah penuh karena ramai orangnya. Jika penuh maka anda tidak jadi menikmati Kuliner Balikpapan yang mantap rasanya.

Catatan:
  • Bagi traveller yang tidak mengerti jalur kota Balikpapan, tidak menjadi masalah. Anda tingga tanya saja dengan sopir taxi atau angkot untuk mengantarkan anda ke RM Torani untuk menikmati hidangan Kuliner Balikpapan. Tinggal sebut saja alamat yang di atas.

Happy blogging and have a nice day Kuliner Balikpapan.

Post 06 Maret 2014; Repost and Edited: 17 Maret 2014

Stress Bisa Memicu Maag Akut dan Kronis

Stress Bisa Memicu Maag Akut dan Kronis

Hennyfaridah.name - Stres Bisa Memicu Maag Akut. Sebenarnya ide tulisan ini bermula ketika saya mendapatkan undangan buka puasa bersama dari sebuah hotel berbintang di kota Balikpapan, dah lama ya? Kebetulan juga satu meja dengan perwakilan hotelnya.

Ketika waktu berbuka tiba, saya agak heran juga dengan menu yang disajikan. Semua serba direbus dan serat halus. Bahannya berupa kentang, sayuran, dalam bentuk sup dan tanpa bahan yang pedas. Akhirnya tanpa kami bertanya, beliau menjelaskan dari awal sampe akhirnya harus memiliki jadwal teratur makan setiap harinya.

Sebelum sakit bapak ini merupakan orang yang sangat semangat bekerja. Pekerja keras yang selalu menuntaskan setiap sesi pekerjannya. Namun dari sisi yang lain bapak ini sering lupa untuk makan teratur. Memang waktu itu gejala maag tidak terlihat, namun lama kelamaan mulai terasa, namun sakit maagnya hanya seperti biasa.

Pada suatu waktu ada sebuah pekerjaan yang memiliki presure (tekanan tinggi). Beliau sempat stres. Hari kedua akhirnya tak tahan, beliau merasa lemah dan pingsan di dalam mobil ketika perjalanan pulang. Alhamdulillah ada orang yang menemukan, akhirnya di bawa ke Dokter. Apa kata dokter? Ternyata ini adalah Gastritis Akut atau biasa orang menyebutnya Maag Akut. Berbagai macam pertanyaan muncul dari dokter, dimulai dari seputar makanan dan keteraturan pola makan. Karena memang sebelumnya sudah pernah mengalami maag, maka makan sudah mulai teratur. Akhirnya pertanyaan juga muncul seputar kegiatan terakhir apa. Barulah diketahui bahwa, tingkat pekerjaan tinggi ternyata bisa membuat tekanan pikiran yang bisa menimbulkan Stress, dalam artian bahwa stress adalah bukan orang gila atau gimana (kebanyakan anggapan orang) tetapi tingkat memikir yang berlebih membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan energi dan lelah.

Setelah boleh pulang dari perawatan, diberikan obat untuk lambung dan juga obat penenang pikiran. Karena beliau tidak ingin selalu bergantung kepada obat, maka datang lagi ke dokter. Ternyata jawabannya sederhana, bapak tidak boleh memikirkan sebuah masalah menjadi beban yang begitu berat, jika masalah kantor masih bisa di toleransi untuk masalah keluarga sebaiknya dekatkan diri kepada Tuhan. Jadi beliau sekarang rajin mengikuti ta'lim, majlis dan kegiatan religi lainnya. Alhamdulillah semua berangsur pulih.

Mendengar cerita beliau, saya sebelumnya tidak percaya jika stress bisa emicu maag akut atau kronis. Akhirnya coba saya cari di Wiki ternyata memang ada salah satu penyebab maag adalah dari stress. Anda bisa menemukan artikelnya di Maag - Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Semoga dengan adanya tulisan ini kita bisa lebih menjaga diri untuk urusan kesehatan.

Happy Blogging...

Lomba Mewarnai 3 Warna 3 Tahun Bersahabat Balikpapan TV

Lomba Mewarnai 3 Warna 3 Tahun Bersahabat Balikpapan TV

www.hennyfaridah.name - Lomba Mewarnai 3 Warna 3 Tahun Bersahabat Balikpapan TV. Tepat hari minggu 16/02/2014 TK Jam'iyyatul Mustaqiem tempat dimana Muhammad Hibatullah Hibrizi anak kami bersekolah mendaftarkan untuk mengikuti lomba mewarnai.

Bertempat di Plaza Balikpapan lomba diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Balikpapan TV yang ke 3. Dengan tema yang membuat lebih dekat dengan masyarakat Balikpapan, yaitu 3 Warna 3 Tahun Bersahabat. Selamat Ulang Tahun yang Ke 3 untuk Balikpapan TV, semoga semakin memberikan warna yang lebih beragam setiap tahunnya.

Dengan tema yang ada. Lomba menggambar dan mewarnai pun disesuaikan dengan tema. Hanya dengan 3 warna, yaitu merah kuning dan biru. Rizi masuk dalam kategori lomba mewarnai termasuk untuk seluruh peserta. Gambarnya ada tv dengan logo Balikpapan TV. Kriteria penilaian adalah siapa yang paling mirip atau mendekati dengan warna logonya, kerapihan, gradasi warna. Memang warna logo Balikpapan TV adalah merah biru dan kuning. Setiap peserta diminta untuk memperhatikan logo BTV yang ada disekitar. Dengan kriteria seperti ini, kami sudah yakin Rizi sangat sulit, sebab memang Rizi selalu merasa kreasi warnanya sesuka hatinya saja, selain itu juga Rizi belum mengerti dengan gradasi warna. Masih di TK A membuatnya lebih senang untuk bebas berkreasi. Namun kami selalu membuatnya tetap nyaman, warnai saja menurut Rizi yang dianggap bagus. Ini seperti ketika mengikuti lomba Gelaran Art Creative T-Shirt 2013 Yang penting Rizi Happy mengikutinya. Menang Kalah bukan saatnya untuk hari ini.

Setelah proses mewarnai selesai kami bergegas pulang. Keesokan harinya saja dengar pengumuman dari gurunya di TK. Setiap selesai lomba mewarnai kami selalu bertanya "Rizi happy nggak?" Dia jawab " happy dong bunda". Cukup itu saja. Jika menjadi juara ya itu sebagai bonus. Tapi kami juga heran setiap mengikuti lomba mewarnai, ada saja orang tua yang berambisi agar anaknya menang, sampai sampai harus berlaku curang, terkadang membuat anaknya sampai menangis.

Keesokan harinya Rizi disekolah gak sabar untuk menanyakan gurunya siapa yang menang. Ketika pulang dari sekolah, kami tanya "siapa Zi yang menang?" dijawab dengan santai "yang menang kelas kakak kakak (TK B) kelas adek gak ada yang menang. Nanti ikut lagi kalo ada ya yah". Sudah biasa. Hanya untuk bersenang senang dengan anak.

Jadi semua hanya untuk have fun saja. Sebenarnya nilai dari setiap lomba mewarnai ini adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk berani, berkreasi menurut kemampuan diri sendiri. Sebagai orang tua sebaiknya tidak turut campur dalam lombanya apalagi sampai berbuat curang. Dengan demikian orang tua akan mengetahui sebenarnya bakat anak dalam seni seperti apa. Kedepannya kita bisa mengetahui mana jalur yang cocok untuk anak menempuh pendidikannya.

Itulah sedikit cerita dari mengikuti Lomba Mewarnai 3 Warna 3 Tahun Bersahabat Balikpapan TV. Happy Blogging and have read and have fun...

Cara Sederhana Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih dan Ramah Lingkungan

Cara Sederhana Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih dan Ramah Lingkungan

Hennyfaridah.name - Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Bersih dan Ramah Lingkungan. Untuk sobat BK semua tentu pernah dengarkan Kamar Mandi mencerminkan Penghuni Rumah? Termasuk untuk soal kebersihan kamar mandi. Bisa saja hal ini betul. Padahal terkadang dengan rasa lelah dan kesibukan yang kita miliki membuat kita sangat malas untuk membersihkan kamar mandi. Sebenarnya jika kita bisa rutin mengatur jadwal pembersihan ini bisa sangat ringan kegiatan membersihkan kamar mandi lho.

Rutin Lebih Ringan

Dengan rutin membersihkan kamar mandi sebenarnya hal ini lebih meringankan beban kerja kita dalam membersihkan kamar mandi. Bisa diilustrasikan sebagai berikut:

Bersihkan kamar mandi dengan membagi tiap sudutnya. Misalkan hari senin membersihkan lantai saja. Hari selasa membersihkan dinding kanan kiri. Hari rabu dinding depan dan belakang. Hari kamis toiletnya. Hari jumat dinding bak mandi. Hari sabtu bak mandi. Mungkin hari minggu anda bisa santai ataupun membersihkan tempat lain dirumah anda. Bersihkan kamar mandi sambil saja ketika anda mandi pagi sekalian olahrga itung itung bisa sekalian latihan cardio membakar lemak.

Kenapa sih kudu rutin? Pastinya noda atau kotoran yang menempel belum terlalu lama. Sikat sedikit saja bisa bersih karena noda atau kotoran yang menempel dengan keras atau bahkan menjadi kerak.

Lakukan dengan Cara yang Ramah Lingkungan


Sebenarnya noda atau kotoran yang menempel tidak akan sulit dibersihkan jika anda rutin membersihkannya. Tingkat kelembaban yang masih banyak serta ketebalan noda yang masih tipis membuat cukup mudah untuk dibersihkan.

Namun bagaimana jadinya bila sudah mulai agak kering dan cukup sulit untuk dibersihkan. Agar tetap ramah lingkungan, untuk awalnya bisa anda siramkan air di permukaan noda tunggu hingga satu menit lalu sikat permukaan. Jika dengan menyiram air tak mempan, anda bisa gunakan cairan cuka. Zat asamnya masih bisa digunakan untuk merontokkan noda atau kotoran di kamar mandi anda. Jika hal ini juga tetap tidak mumpuni maka dengan terpaksa anda harus menggunakan pembersih porselen dan keramik yang banyak dijual dipasaran. Tapi penggunaan pembersih ini hanya untuk pilihan terakhir ya.

Selamat mencoba - dan bersenang senang.

Sumber Gambar: 123RF

Selamat Hari Ibu

Selamat Hari Ibu untuk Ibu Ibu Indonesia di Seluruh Dunia, Sejarah hari Ibu Indonesia


Selamat Hari Ibu untuk Ibu Ibu Indonesia di Seluruh Dunia

Hari Ibu di Indonesia

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung Dalem Jayadipuran yang sekarang berfungsi sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional dan beralamatkan di Jl. Brigjen Katamso. Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Tjoet Nyak Meutia, R.A. Kartini, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan lain-lain.

Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara, pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan gender, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa.

Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate.

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

Misi diperingatinya Hari Ibu pada awalnya lebih untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini. Dari situ pula tercermin semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama. Di Solo, misalnya, 25 tahun Hari Ibu dirayakan dengan membuat pasar amal yang hasilnya untuk membiayai Yayasan Kesejahteraan Buruh Wanita dan beasiswa untuk anak-anak perempuan. Pada waktu itu panitia Hari Ibu Solo juga mengadakan rapat umum yang mengeluarkan resolusi meminta pemerintah melakukan pengendalian harga, khususnya bahan-bahan makanan pokok. Pada tahun 1950-an, peringatan Hari Ibu mengambil bentuk pawai dan rapat umum yang menyuarakan kepentingan kaum perempuan secara langsung.

Satu momen penting bagi para wanita adalah untuk pertama kalinya wanita menjadi menteri adalah Maria Ulfah di tahun 1946. Sebelum kemerdekaan Kongres Perempuan ikut terlibat dalam pergerakan internasional dan perjuangan kemerdekaan itu sendiri. Tahun 1973 Kowani menjadi anggota penuh International Council of Women (ICW). ICW berkedudukan sebagai dewan konsultatif kategori satu terhadap Perserikatan Bangsa-bangsa.

Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji keibuan para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, pesta kejutan bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

Referensi dari Hari Ibu Wikipedia

Hadiah Mainan Balita yang Tidak Membahayakan

Inilah tips membeli atau memberikan Hadiah Mainan Balita yang Tidak Membahayakan bagi balita itu sendiri


Tips untuk membelikan hadiah bagi balita tanpa menyebabkan resiko tersedak untuk bayi


Jika Anda memiliki anak-anak dari berbagai usia atau mencoba untuk membeli hadiah untuk keluarga yang tidak berbahaya, itu bisa menjadi pekerjaan untuk menemukan mainan yang balita senangi tapi diharapkan tidak akan membahayakan. Berikut adalah beberapa tips yang telah kami susun dengan beberapa referensi dari American Academy of Pediatrics untuk membuat pengalaman berbelanja Anda sedikit lebih mudah :

Pertanyaan yang lazim. Apakah ada mainan yang sesuai dengan usia ? Mainan yang memiliki rentang usia yang besar , seperti yang ditujukan untuk anak-anak berusia 6-36 bulan , seperti mainan memukul lotere. Kedua hal bisa bermain dengan item tanpa risiko atau khawatir .

Permainan Menyusun Blok. Blok besar adalah solusi yang terbaik. Balita senang menyusun blok, dan pastinya balita juga suka mengisap mainan mereka. Jadi hati-hati dari blok yang lebih kecil atau potongan konektor yang dapat dimasukkan ke mulut.

Permainan luar. Balita juga bisa naik sepeda dan bermain dengan mainan di halaman. Namun pastikan mereka memakai helm mereka. jadi mainan jenis ini juga baik.

Buku papan . Bingung deh buat yang ini kasih namanya, tapi ada kok papan yang berisi gambar dan tulisan untuk balita anda tanpa anda harus khawatir mereka akan merobek atau menelan halaman dari buku kertas.

Potong sambungannya. Anda pernah beli mainan untuk balita yang terbuat dari plastik, terkadang suka ada sambungan per item yang dipotong masih ada muncul seperti jarum-jarum dari setiap poin mainan, anda bisa memotongnya dengan gunting kuku atau yang lainnya sehingga mainan balita anda tidak ada tonjolan tajam yang bisa melukai balita anda.

Lebih besar lebih baik . Mainan dan bagian harus lebih besar dari mulut anak Anda untuk mencegah tersedak. Jika mungkin , jangan membeli mainan dengan bagian-bagian kecil yang dapat dihapus , seperti tombol , koin , dll. Jika Anda tidak yakin apakah item cukup besar , cobalah menjatuhkannya melalui toilet paper roll (gulungan tissu toilet). Jika jatuh melalui itu maka bisa dikatakan tidak aman .

Baterai vs listrik . Mainan dioperasikan dengan baterai mencegah risiko listrik dan kabel pencekikan . Kompartemen baterai harus cukup aman sehingga jari kecil tidak bisa membukanya. Tutup baterai juga bisa di solasi atau plester agar tidak mudah terbuka.

Bahaya Magnet. Magnet dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius jika tertelan. Jika mereka terhubung satu sama lain dalam usus , masalah serius , seperti penyumbatan , dan mungkin kematian dapat terjadi .

Tetap di Darat. Yang ini juga bingung mengatakannya, pokoknya mainan jangan sampai menembak benda ke udara. Dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera mata serius atau menimbulkan bahaya tersedak.

Jika Memilih Boneka. Pastikan mainan boneka yang dibuat dengan baik dan tidak diisi dengan pelet kecil atau isian yang dapat menyebabkan tersedak atau sesak napas jika tertelan. Bagian harus dijahit erat-erat , jahitan dan tepi harus aman. Hilangkan pita longgar atau string untuk menghindari cekikan. Mainan boneka juga harus bisa dicuci dengan mesin, sehingga kuman dan tumpahan dapat dengan mudah dihapus, hal ini juga aman bagi balita yang memiliki alergi terhadap debu.

Informasi label. Ini terkadang sulit untuk di Indonesia, seharusnya setiap mainan seharusnya ada label mengenai racun. Balita biasanya juga suka memasukkan mainan ke mulut.

Itulah beberapa tips Mainan Balita yang Tidak membahayakan bagi Balita.

Referensi: http://www.parenting.com/
Kredit Gambar: http://www.happyplayindonesia.com

Anak TK Sudah Wajib Baca Belum ya? Ya Belum!

sebuah pertanyaan sosial pendidikan yang harus dijawab, Anak TK Sudah Wajib Baca Belum ya? Ya Belum!. Siapa yang mau jawab, diskusi saja.


Banyak pertanyaan muncul dari Orang Tua murid TK. Apakah anak TK sudah wajib baca? Secara psikologis seharusnya belum. Lalu mengapa banyak anak TK sudah ditekan oleh beberapa orang tuanya untuk belajar membaca? Pada dasarnya ini bergantung dari orang tua masing masing.

Kejadian seperti untuk saat ini sudah semakin sering ditemui. Teringat ketika Rizi baru masuk TK Nol Kecil. Akhirnya bertemu juga dengan beberapa orang tua murid. Ternyata bukan sebuah aturan yang mewajibkan anak mereka harus bisa membaca atau belajar membaca, karena memang di TK belum waktunya untuk belajar membaca. Guru guru TK pun tidak ada yang mengajarkan untuk membaca, karena memang belum waktunya untuk belajar membaca bagi murid TK. Usut punya usut ternyata ketika masuk SD ada seleksi yang terkadang anak juga ditanya apa sudah bisa membaca? Jadi heran... Koq bisa? Di TK tidak diajarkan membaca bagaimana bisa membaca. Saya tuh suka bilang "ni yang koplak siapa ya?".

Ternyata budaya ini juga didukung oleh ego orang tua yang begitu bangganya bila anak sudah bisa membaca ketika masih TK. Suka dengerkan "Anak saya sudah bisa baca lho jeng", atau ketika ada arisan anak suka dipanggil lalu di tanya "... Ini bacanya bagaimana?". Ditambah lagi banyak iklan-iklan susu formula yang anaknya masih kecil sekitar umur tiga sampai empat tahun pastinya tapi sudah bisa macem macem, seolah-olah anak kecil bisa koq dengan ini itu padahal belum umurnya. Apalagi anak jaman sekarang.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya bimbingan belajar calistung (baca tulis hitung). Yang ketika saya coba lihat ternyata banyak anak-anaknya yang masih usia TK bahkan belum usia TK, dan yang lebih mengenaskan ada anak yang seperti dipaksa. Jadi salah siapa ya?

Beberapa waktu lalu ada pertemuan orang tua murid dengan psikolog. Dengan konsultasi yang diberikan akhirnya jawaban diberikan. Dari semua penjelasan diatas, sebenarnya tidak yang salah. Namun perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
  • Anak TK belum waktunya untuk diajarkan membaca.
  • Jika anak TK belajar membaca, pastikan bahwa tidak ada unsur paksaan didalamnya.
  • Jangan bangga anak anda umur lima tahun sudah bisa membaca, khawatirlah nantinya timbul rasa bosan belajar disaat dia harus belajar, karena lebih memilih bermain yang disebabkan waktu bermainnya saat kecil digunakan untuk belajar bahkan dengan unsur paksaan.
  • Anak usia TK adalah usia lima hingga tujuh tahun, karena sistem pembelajaran tahun 2013 usia masuk SD adalah saat anak dengan usia minimal tujuh tahun.
  • Bentuk pelajaran anak usia TK adalah pembelajaran kemandirian seperti makan sendiri, buang air kecil sendiri, mendengarkan perintah, memakai baju sendiri.

Jelaskan semuanya? Ini hanya tulisan berbagi, bukan untuk menggurui.

Dengan menulis artikel ini. Jadi ingat dulu waktu kecil. Saya tidak pernah sekolah TK, sebelum masuk SD saya kerjaannya main. Sempet juga jualan kue basah bersama kakak. Baru belajar baca pas kelas satu sekolah dasar (SD). Yang seangkatan mungkin pernah dengar kalimat kalimat ini.
Ini budi
Ini ibu budi
Ini bapak budi
Ini wati, wati kakak budi
Ini iwan, iwan adik budi

Well, terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berbagi di kolom komentar ya. Happy blogging and Yuk Keep Smile.

Kredit gambar: 123RF.Com
Kontes SEO Rumah Makan Torani
 
Dukung: Indonesia Bebas Rokok 2014
Copyright © 2009 - 2014. Blog Keluarga - All Rights Reserved
Template oleh www.maskolis.com Publikasi Template oleh www.mastemplate.com
Dukungan Penuh oleh Blogger