Air Es Membuat Calon Bayi Membesar?

Air Es Calon Bayi Besar | Blog Keluarga

Untuk para ibu yang sudah pernah mengalami hamil tentunya banyak hal yang menjadi pantangan, terutama pantangan yang banyak adalah dari para orang tua kita yang masih memegang adat dan mitos jaman dulu. Salah satunya ya pantangan meminum air es untuk ibu hamil yang dikatakan bisa menyebabkan calon bayi akan membesar dan bisa sulit untuk melahirkan. Benar tidak sih secara medis?

Saya pun pernah mengalaminya, ketika saya ceritakan hal ini kepada dokter tempat saya memeriksakan kehamilan hanya mendapat senyuman dan penjelasan singkat. Secara teori yang lengkap saya tidak mengerti, hanya saja penjelasan yang sederhana bisa di tangkap dengan jelas untuk kebanyakan orang awam.


Sebenarnya pernyataan AIR ES MEMBUAT CALON BAYI MEMBESAR adalah sebuah mitos. Karena semua itu tidak ada hubungannya. Mungkin ada hubungannya jika menyangkut hal-hal lain yang berhubungan dengan es. Hal yang sering adalah Karbohidrat, Lemak dan Gula.

Seperti kita ketahui, sumber kegemukan adalah ketiga hal di atas (Karbohidrat, Lemak, dan Gula). Perbandingannya dengan es adalah jika kita meminum air es yang tidak berasa manis yang bisa menimbulkan karbohidrat maka kita bisa cukup merasa tenang. Namun jika kita minum atau makan es yang mengandung gula yang sudah barang tentu menjadi karbohidrat atau yang berlemak, maka kita harus waspada jika calon bayi dalam perut kita akan membesar.

Beberapa contoh makanan dan minuman es yang perlu di waspadai untuk ibu hamil adalah Es Teh yang mengandung gula, Es Krim yang mengandung gula, lemak dan karbohidrat cukup tinggi, Susu kental manis yang diminum dingin dan minum es selain air putih murni.

Selain itu dari beberapa pengalaman keluarga suami, ternyata banyak juga anggota keluarga yang ketika hamil suka minum air es (air putih murni) dan saat melahirkanpun tidak ada kendala. Alhamdulillah normal.

Air Es Calon Bayi Besar | Blognya Henny Faridah Murniaty Harahap

Nah buat ibu-ibu hamil yang doyan minum air es, jangan khawatir, jika sekedar minum air es untuk menghilangkan haus minum aja, masih terbilang aman, namun hati-hati juga jika minum air es untuk selingan makan, terutama makan makanan yang mengandung gula, karbohidrat dan lemak karena bisa bercampur dengan air es. Sebaiknya di sela saja sekitar 1 jam atau lebih. Karena setelah makan lebih baik minum air biasa atau air hangat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar

  1. kalau ngikutin orang2 sih emang banyak mitos buat ibu hamil,
    ada yg bilang nggak boleh tidur siang, dll

    BalasHapus
  2. iya.. sy juga dengar mitos ini.. waktu saya hamil, saya tinggal di cirebon yg udaranya panas minta ampun jd klo tidak minum air dingin/air kulkas rasanya kok tidak minum... sempet khawatir juga tp alhamdulillah bayi sy yg pertama beratnya normal.. pas anak kedua, sy sering minum es teh manis.. mmng dia lahir dgn bb tinggi.. dan yg bikin bb nya besar, ya dari gulanya itu ya..

    BalasHapus
  3. salam sobat
    iya mitos,,
    pengalaman saya saat hamil dulu, karena pas puasa jadi berbuka selalu minum air es kelapa muda.
    hasilnya saat melahirkan saya kembar air,,bukan bayi membesar tetapi banyak air kawahnya.
    selamat menyambut bulan suci ramadhan.

    BalasHapus
  4. berarti air es harus dihindari agar bayi tidak membesar

    BalasHapus
  5. ehm ... jadi bukan karena esnya ... tapi karena kandungan yang terdapat pada bahan yang akan di buat es ya bu ...., makaih penjelasannya ..., salam ...

    BalasHapus
  6. waaaaaahhh baru tahu nich.................. makasih infonya

    BalasHapus
  7. Saya pernah bertengkar dengan istri masalah ini, sang nyonya sewot karena saya larang minum es yang manis, mengandung santan, tetapi saya persilahkan minum es tawar.

    BalasHapus
  8. memang dari dulu minum es bagi ibu hamil sangat di larang oleh sebagian orang, namun masih banyak juga yg melakukannya, mungkin ibu itu lagi haus kali ya he.he..

    BalasHapus
  9. Wah, saya juga baru tahu ada mitos semacam itu. Dan paparan diatas semakin menambah pengetahuan saya tentang banyak hal yang saya belum tahu sebelumnya terutama masalah2 kecil yang biasanya luput dari perhatiaan kita. Terima kasih dan salam persahabatan selalu.

    BalasHapus
  10. assalamualaikum pak ust..

    oh jadi begitu ya pak ust...disimpan buat nanti jika telah beristri....

    BalasHapus
  11. sebuah wacana yg pasti diperlukan bagi semua perempuan.ehhehe
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  12. Terimakasih banyak untuk informasinya ... sungguh benar sekali apa yang paparkan diatas ... karena itu sudah terbukti kebenarannya ....

    Salam hangat dari Kalimantan Tengah.

    BalasHapus
  13. mungkin haL tersebut berpengaruh terhadap kesehatan, sehingga muncuL kesaLahan daLam mempersepsikan (mitos) di kaLangan masyarakat.
    terima kasih atas pencerahannya, bermanfaat untuk meLuruskan mitos yang seLama berkembang disebagian masyarakat.

    BalasHapus
  14. @monda: Iya kak. macam-macam seh yang tidak diperbolehkan. yang jelas secara medis tanyakan kepada dokter. Yang syar'e tanyakan ke ulama.

    @Ceuceu: Yup bener sekali mbak.

    @4antum: Barakallah ya shafiqah.

    @Haeruna: Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

    @Krupu, @Menone: Sama-sama sob.

    @NURA: wah saya juga pernah dengar tentang kembar air.

    @Cara Membuat Facebook: Air esnya tidak apa2. Kandungannya yang harus di hindari.

    @Nunu: Yup Benar sekali...

    @aldy-PF: wah-wah bisaan euy, sampe bertengkar segala...

    @bagindaku: sebenarnya gak papa seh... cuman lihat kandungan air esnya dulu. bila banyak gula, karbohidrat dan lemak ya mendingan dihindari dulu...

    @Ifan Jayadi: Terima kasih kembali mas Ifan.

    @HAPIA Mesir: Semoga cepet lulus ya sohib; insya Allah segera diberikan jodoh oleh Allah SWT. Amien.

    @blue: Thanks Sob...

    @Bayuputra: Terima kasih pak Guru.

    @Om rame: iya om... terima kasih.

    BalasHapus
  15. Hehe... susah juga bila ingin mematahkan mitos yang telah beredar lama di masyarakat :D

    BalasHapus
  16. @kakaakin: Iya kak, begitu banyak alasan yang selalu muncul...

    BalasHapus
  17. membesar disini dalam artian apa mbak??? kagak ngerti aku....

    BalasHapus
  18. @loewyi: ya ukuran dan berat badannya,,, yang secara normal adalah 2,25 Kg s/d 3 Kg. Bila kurang akan membuat bayi rawan penyakit dan bila kelebihan rawan tidak bisa lahir secara normal sehingga harus dioperasi cecar. Gimana???

    BalasHapus
  19. sepanjang minumnya tidak berlebihan kan gpp,


    jabat erat selalu

    BalasHapus
  20. Untung Blog pengembangan diri

    hasilnya gmana mas?

    BalasHapus
  21. Yg terpenting semuanya harus dikembalikan ke pandangan medis ya bun? artikel yang bermanfaat, boleh saya publish ulang?

    BalasHapus
  22. Obat Herbal Alami Wasir Aman Dan Ampuh Atasi Wasir Secara Tuntas Dan Cepat

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.