Si Kecil Batuk Pilek (Influensa) Karena Bunda Suka Minum Air Es?

Ketika si kecil Rizi berumur 2 bulanan pernah mengalami batuk dan pilek. Kebetulan kebiasaan saya suka minum air es. Orangtua saya yang mengetahui ini sangat marah besar, katanya bahwa anak saya batuk dan pilek karena saya suka minum air es. Sebenarnya benar tidak sih pernyataan ini?

Saat pilek yang di alami Rizi membuat kami sangat khawatir, akhirnya kami memutuskan pergi ke dokter spesialis anak. Rizi sulit bernafas dengan hidungnya yang tersumbat, dan juga agak demam badannya. Tidak lincah seperti biasanya.

Sesampainya di tempat dokter Rizi langsung ditimbang, berat badannya masih normal. Saat pemeriksaan dokter bilang sih tidak apa-apa, hanya saja untuk memastikan apakah batuk dan pilek yang dialami Rizi karena alergi atau karena virus, Rizi harus melakukan tes darah. Kebetulan saya dan suami memiliki alergi, jadi ada kemungkinan batuk dan pilek yang dialami Rizi karena alergi.

Akhirnya dokter memberikan resep obata-obatan untuk di tebus. Namun, sebelum kami pergi meninggalkan dokter kami pertanyakan hal “apakah ada kaitan antara bayi yang batuk dan pilek dengan ibu yang suka minum air es?”. Dokterpun tertawa mendengar pertanyaan kami. Kami jadi malu.

Dari jawaban dokter yang kami terima, hal itu tidak ada hubungannya. Yang pasti si kecil batuk dan pilek karena (1) alergi (2) tertular oleh orang dewasa yang kebetulan batuk dan pilek yang gemes melihat si kecil untuk dicium-cium (3) karena perubahan cuaca yang tidak menentu. Jadi hati-hati jika membawa si kecil ya, terutama jika bertemu dengan orang banyak.

Pada hari berikutnya kami melakukan tes darah. Hasilnya bahwa si kecil batuk dan pilek karena virus. Pada beberapa hari berikutnya kami menemui dokter dan bidan yang menolong kelahiran si kecil, jawaban yang sama kami dapatkan.

Akhirnya sampai saat ini kegemaran saya minum air es tetap jalan, si kecil pun tetap sehat. Jika ada sedikit pilek, sebisa mungkin kami menghindari menggunakan obatan kimia. Biasanya kami rutin memberikan sari kurma, jika sedang deman dosisnya kami tambah itu saja. Alhamdulillah si kecil sehat dan subur, pertumbuhan masih normal.

Nah buat anda yang juga senang minum air es, teruskan saja tidak apa-apa. Namun, perlu di perhatikan!!! Jangan terlalu banyak ya, nanti bundanya yang batuk pilek, si kecil bisa terkena juga… Semoga bermanfaat ya….


Tag: Air Es Alergi Anak Batuk Bidan Dokter Influensa Pilek Sari Kurma Spesialis Virus

Repost

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

11 komentar

komentar
Senin, 20 Desember 2010 23.31.00 GMT+8 delete

@Tukang Colong >>> ya mungkin seperti itu secara logikanya, atau Ibunya gak boleh minum es supaya gak pilek juga jadi gak nularinnya anaknya...

Reply
avatar
Selasa, 21 Desember 2010 12.05.00 GMT+8 delete

TFS infonya mba..
Aku sendiri jarang sekali minum es.. eh anakku malah suka bgt minum es..

Reply
avatar
Selasa, 21 Desember 2010 12.18.00 GMT+8 delete

Kami juga jarang ngasih obat kimia, Mba. Kalo nggak madu ya sari kurma aja.
Saya kurang suka minum air es, anak juga alhamdulillah nggak suka.. :)
Kami doyan minum air anget, karena katanya untuk ngelancarin peredaran darah. Sementara air es malah sebaliknya.

Reply
avatar
Sya
Selasa, 21 Desember 2010 13.56.00 GMT+8 delete

Kalau ibunya suka minum air es akan kena flu, nah kalau si ibu flu dikhawatirkan nular ke anak. Mungkin maksudnya Ibunya Mba Henny seperti itu.

Reply
avatar
Selasa, 21 Desember 2010 23.26.00 GMT+8 delete

Kalo saya ga suka air es, tapi Ayahnya Zahia hobi banget. Subuh buta, pagi, siang, sore, malem, hujan, mendung, berawan, pokonya minumnya kudu air es :-)

Reply
avatar
Rabu, 22 Desember 2010 00.45.00 GMT+8 delete

@Inda Bunda Farel >>> Gak papa sih minum es, asalkan tubuh bisa mentolerir. Saya juga suka minum es, ayahnya yang gak suka, gampang batuk dan pilek.

@Dewi fatma >>> Secara alamiah memang iya, tetapi tergantung kondisi badan masing-masing mba...

@Sya >>> Sepertinya nggak sya. Karena ibu saya juga tahu kalo saya suka minum air es dan jarang banget batuk, flue dan pilek. Kalo Ayahnya Rizi memang gampang batuk kalo minum es.

@Bundanya Zahia >>> Sama dong seperti saya ya hehehe...

Reply
avatar
Rabu, 22 Desember 2010 22.57.00 GMT+8 delete

o gt ya...tp emang kalo tertular bisa lewat ibunya ya mba..
saya termasuk yg gampang sakit kalo uda minum es..musti hindarin es nih ...

Reply
avatar
Kamis, 23 Desember 2010 09.18.00 GMT+8 delete

@puteriamirilis >>> Yang namanya virus bisa dari siapa aja mbak. Kalo ibunya kuat ya gak papa tetap minum es, jadi gak sakit dan gak nularin anaknya.

Reply
avatar
Senin, 20 Februari 2012 10.22.00 GMT+8 delete

RSIA YAdika Kebayoran Lama
Rumah Sakit Ibu & Anak

Reply
avatar
Jumat, 05 Juni 2015 16.02.00 GMT+8 delete

Obat Herbal Alami Wasir Aman Dan Ampuh Atasi Wasir Secara Tuntas Dan Cepat

Reply
avatar