Usus Sapi Goreng Tepung

Usus Sapi Goreng Tepung | Blognya Henny Faridah Murniaty Harahap

Baru nyoba rasanya gimana. Ada usus sampi bumbu yang di goreng tepung, kebetulan suami yang buat. Iseng-iseng saja membeli usus sapi. Trus di bumbui dengan garam, merica dan daun ketumbar cincang. Trus di goreng biasa ternyata rasanya biasa juga. Trus suami punya ide, dan dijalanin deh.

Buat ibu-ibu yang pengen buat, ini bahan-bahan yang perlu disiapin.

  1. Usus sapi, tidak usah banyak-banyak (bahaya Asam Urat dan Kolesterol) 300 gr.
  2. Tepung terigu 150 gr.
  3. Garam secukupnya
  4. Telur 1 butir
  5. Merica secukupnya
  6. Bawang Putih 3 siung.
  7. Minyak goreng yang cukup untuk menggoreng.
  8. Sereh 2 batang.
  9. Daun salam kering 3 lembar.
  10. Daun ketumbar 3 batang.

Cara memasak:
  1. Bersihkan usus sapi sampai bersih dari kotoran, cuci dengan air jeruk, kemudian rebus dalam air mendidih bersama sereh dan daun salam. Sambil direbus buang kotoran yang mengambang. Setelah matang atau setengah matang angkat dan tiriskan.
  2. Cincang bawang putih dan daun ketumbar. Campurkan dengan usus yang sudah direbus. Tambahkan merica dan garam, aduk hingga rata. Tambahkan telur, aduk kembali hingga rata.
  3. Panaskan minyak goreng.
  4. Masukkan usus ke dalam tepung, kemudian angkat dan letakkan ke dalam wadah saringa dan di celup-celup ke dalam air. Angkat kembali dan letakkan kembali di dalam wadah tepung, ratakan tepung ke seluruh permukaan usus dan kepak-kepakkan.
  5. Kemudian goreng usus sampai matang. Akan terasa renyah jika di goreng dengan minyak panas dan tenggelam.


Nah,,, itu dia menu camilan Usus Sapi Goreng Tepung. Tetapi hati-hati dengan yang memiliki kadar Asam Urat dan Kolesterol tinggi. Hal ini bisa berbahaya buat kesehatan anda. Sebaiknya jangan banyak-banyak ya…..

Selamat mencoba!!!

Tag: usus sapi usus sapi usus goreng sapi goreng usus sapi goreng goreng tepung minyak goreng resep recipe resep rumahan homemade recipe

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

15 komentar

komentar
Jumat, 23 Oktober 2009 10.03.00 GMT+8 delete

wah pagi2 berkunjung bikin ngiler tuh, uhh...

Reply
avatar
Jumat, 23 Oktober 2009 10.25.00 GMT+8 delete

Jangan ngiler aja, di coba aja dulu biar tahu rasanya. kalo udah mah bakal hilang penasarannya tuh... hehehe..

Reply
avatar
Jumat, 23 Oktober 2009 11.09.00 GMT+8 delete

Saya anak kos biasa masak juga ko mas nurrahman...

Reply
avatar
Jumat, 23 Oktober 2009 11.13.00 GMT+8 delete

@ mas Nurahman: ya di coba aja dulu, lain hal kalo gak ada peralatannya (biasa masalah anak kos lebih seneng beli, saya dulu juga begitu)
@ Ayah Buluks : masaknya pasti Indomiekan (red:mie instan)

Reply
avatar
Jumat, 23 Oktober 2009 19.25.00 GMT+8 delete

Lam kenal ya. thanks dah mau mampir ke blog ku ya, mungkin belum sebagus blog u maklum masih dlm tarap belajar. yuk kita saling tukar info gn ???. sukses selalu.

Reply
avatar
Sabtu, 24 Oktober 2009 10.38.00 GMT+8 delete

Salam kenal juga, bagus nggak dari isinya aja, yang lain hanya terlihat cantik...

Reply
avatar
Sabtu, 24 Oktober 2009 18.04.00 GMT+8 delete

wuiiih... keknya enak neh... jadi laper euy!!

Reply
avatar
Selasa, 27 Oktober 2009 12.01.00 GMT+8 delete

@ sunflo: Kalo laper buat aja, makan kenyang deh. tapi inget jangan banyak-banyak ya? ntar asam urat ma kolesterol, hehe..

Reply
avatar
Kamis, 14 Januari 2010 22.30.00 GMT+8 delete

Dulu suka sekarang jaga jarak he he he.
Btw saya dinas di Balikpapan selama 12 tahun lho. dua anak saya lahir disana. Saya tinggal di Jl. Sentosa II.
Salam

Reply
avatar
Jumat, 15 Januari 2010 00.20.00 GMT+8 delete

Jl. Sentosa daerah mana ya??? saya juga tidak terlalu hafal nama jalannya... Saya di Karang Rejo.. Jl. Senayan...

Btw thank for the comments.

Reply
avatar
Selasa, 25 September 2012 12.16.00 GMT+8 delete

siiiiiip deh infonya ......biar ku coba.......

Reply
avatar
Senin, 31 Maret 2014 19.55.00 GMT+8 delete

waah, baru tau kalo usus sapi bisa digoreng tepung (y) pengen nyoba ah, trimakasih atas resepnya ya mbak :)

Reply
avatar
Minggu, 13 April 2014 09.39.00 GMT+8 delete

Silahkan dicoba, tapi ati-ati ya, bisa tinggi kolesterol lho

Reply
avatar
Jumat, 05 Juni 2015 16.03.00 GMT+8 delete

Obat Herbal Alami Wasir Aman Dan Ampuh Atasi Wasir Secara Tuntas Dan Cepat

Reply
avatar