Menikmati Amplang Mawar Sari Samarinda

Amplang Mawar Sari Samarinda

Amplang yang merupakan makanan khas kota Samarinda adalah sejenis krupuk yang terbuat dari ikan belida. Bentuknya beragam, namun yang unik adalah bentuk Kuku Macan. Amplang merupakan komiditi unggulan kota Samarinda untuk dalam negeri hingga ekspor ke mancanegara. Panganan ini biasanya paling enak disantap sebagai camilan atau sebagai kerupuk teman makan makanan berat anda. Rasanya gurih, tentunya nikmat bagi penikmat kerupuk.

Amplang biasanya terbuat dari campuran ikan dan tepung serta bumbu, biasanya bentuknya bermacam-macam tetapi yang paling banyak dicari adalah kuku macan. Kami juga tidak paham mengenai nama-nama ini.

Bila sobat semua berkunjung ke Samarinda, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Amplang ini. Untuk semua kebutuhan oleh-oleh anda bisa membelinya di UKM Center binaan Mawar Sari. UKM Center adalah kelolaan untuk usaha kerajinan dan makanan khas Kaltim. Bila anda membeli di UKM Center Mawar Sari Samarinda ada layanan khusus untuk mengirimkan oleh-oleh anda. Anda bisa menghubungi sobat kita Kakaakin untuk dibantu menuju ke UKm Center Mawar Sari yang beralamat di Jl Gatot Subroto II No 77.

Amplang Mawar Sari Samarinda


Tag: amplang mawar sari kerupuk ikan kuku macan samarinda ukm center kakaakin

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

18 komentar

komentar
Minggu, 26 September 2010 12.28.00 GMT+8 delete

ditempatku biasanya disebut "kerupuk ikan"
ennnnnnnnaaaaaakkkk

Reply
avatar
Minggu, 26 September 2010 14.11.00 GMT+8 delete

Siapa ya yang mau membawakan oleh2 buatku...? Hehehe...
Sementara, aku bawain 'sesuatu' buat Henny. Tolong diambil di blogku ya..

Reply
avatar
Minggu, 26 September 2010 14.56.00 GMT+8 delete

@Lone Fighter: Kalo khas Samarinda ya cuman ada di Samarinda, namun sekarang sepertinya semua daerah kalimantan ada Amplang.

@Attayaya: Kalo kerupuk ikan mungkin akan sama dengan rasanya. Cuman kekhasannya memang beda bang.

@Fanda: Hayoo sapa yang mau bawaain... hehehe..

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 00.34.00 GMT+8 delete

Ops...Amplang, dikalbar juga ada. Tetapi aroma dan rasanya, biasanya meda.

Kapan yah terbang dari Pedalaman Kalbar ke Samarinda?

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 07.27.00 GMT+8 delete

@4antum: Wah pas gak ada orangnya di rumah...

@Aldy: Iya mas,,, sekarang sudah banyak amplang di kalimantan. Jenisnyapun sama...

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 08.21.00 GMT+8 delete

biasanya kalau ciri khas suatu tempat , walaupun ada beberapa nama yg sama, pasti beda rasa dan itulah kekhasannya ya MAs Budi
salam

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 08.55.00 GMT+8 delete

@bundadontworry: mungkin begitu kali ya bunda. solanya kalo pergi ke banjar pernah ketemu amplang tetapi gak pernah nyoba sih....

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 12.47.00 GMT+8 delete

Mungkin semua orang suka makan kerupuk dan sejenisnya, sehingga produk rumahan ini pasarnya tidak lesu-lesu. Berbeda dengan di tempat saya, yang dikenal dengan kota tauco, Cianjur, tauco ini bagi sebagian besar masyarakat kurang begitu disukai.
Bahkan sekarang, setelah ada tol Cipularang, pasarnya semakin lesu, karena konsumennya dari luar kota menurun drastis.

Salam.

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 14.28.00 GMT+8 delete

Saya suka banget dengan ini...biasanya selalu dibawain ini ama sepupu yg di Samarinda kalau mudik, sayangnya tahun ini dia gak pulang absen makan amplang dech!

Kayanya memang hrs minta dikirimin ni :D

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 18.13.00 GMT+8 delete

krupuknya terbuat dari ikan semua ya? Tidak ada campuran lain?

Aku belum pernah makan kerupuk ikan. Mungkin pernah tapi tidak tahu kalau itu kerupuk ikan. he..he..he...

Reply
avatar
Senin, 27 September 2010 18.56.00 GMT+8 delete

wah enak kayanya..jadi temen mie ayam

Reply
avatar
Selasa, 28 September 2010 11.20.00 GMT+8 delete

@Abdul Aziz: mungkin memang bentuk dan jenis makanannya ya pak Abdul Azis. Semoga saja di Cianjur juga ada makanan yang jenisnya makanan sehari-hari yang bisa menjadi komoditi yang ramai pasarnya.

@pendarbintang: di pesan aja sob,, di mawar sari bisa dikirim koq. Soalnya inget kemaren sewaktu nganterin kontingen PON.

@imroe: pastinya ada dong, tepung dan bumbunya gmn kalo gak dicampur hehehe...

@z4nx: dicoba aja deh. mau pesan... call aja. bisa digoogling koq. ada blognya kalo gak salah.

Reply
avatar
Selasa, 28 September 2010 19.34.00 GMT+8 delete

Hayo... siapa yang bersedia kuantar??
Si "Beib" bersedia kok menerima tumpangan :D

Reply
avatar
Selasa, 28 September 2010 20.24.00 GMT+8 delete

hhmmm... enak enak enak... apa lagi dapat gratisan ya pak ust...:D

jadi kangen indo.... :-s

Reply
avatar
Rabu, 29 September 2010 16.04.00 GMT+8 delete

waaaaaaahhh mau juga to klo dikirim ke menone hehehehehehehehe...................

Reply
avatar
Rabu, 29 September 2010 21.41.00 GMT+8 delete

@Kakaakin: Wah kalo beneran ada sobat yang ke Samarinda, si BEIB dapat penumpang baru nieh.

@Artikel Islami: Saya juga mau mas kalo dapat gratisan.

@Menone: pesan dulu, bayar dan barang akan dikirim... hehehe...

Reply
avatar