Ads 728 90

Ads 728 90

Buah Kawista yang Nikmat dan Sehat

buah sirop kawis

Sirup Kawista atau Sirup Kawis baru saja Blog Keluarga terima dari tetangga yang baru pulang balik dari mudik di pulau Jawa. Pemberian ini sebagai oleh-oleh dari kampung halaman katanya. Setelah dikocok (sesuai petunjuknya) baru diminum ternyata rasanya dahsyat, bisa dibilang seperti Cola. Karena penasaran coba cari informasi tentang Kawista atau Kawis ini di Search Engine.

Buah Kawista dari hasil pencarian ternyata bukan buah asli Indonesia. Habitat asli ternyata di India. Tumbuhan ini juga tumbuh di daerah Srilanka, Myanmar dan Asia Tenggara. kalo di Indonesia banyak tumbuh di daerah Pantai Utara, Aceh dan pulau Bali. Kalo di Bali disebut Kusta.

Buah Kawista memiliki ciri khas berbentuk bulat, berkulit keras, bersisik dan berwarna coklat putih. Daging buahnya berbau harum berwarna coklat kehitaman. Buah kawista yang telah cukup matang akan jatuh dari pohonnya. Dengan kulit yang keras membantu isi buah tetap utuh dan bisa dikonsumsi ketika matang dan jatuh ke tanah. Sayangnya masih kurang termanfaatkan di segala aspek.

Buah Kawista selain rasanya yang nikmat, juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Sangat segar untuk asupan penambah stamina. Kulit batang pohon diyakini bisa membantu memperbaiki haid yang kurang teratur. Selain itu juga bisa untuk mengatasi gangguan hati, mual-mual, sampai luka akibat gigitan serangga.

Buah Kawista banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmatinya. Namun yang paling tersohor adalah dibuat jus dan menikmatinya secara langsung setelah masak dari pohonnya. Caranya, pecahkan dulu kulit cangkangnya yang keras. Setelah buahnya terbuka, langsung kerok dengan menggunakan sendok. lalu tuang kedalam mangkuk dan taburi gula. Kawis legit dan segar siap disantap. Dengan es batu lebih segar, atau dengan cara anda masing-masing.

buah sirop kawis

Buah Kawista memang tidak populer. Blog Keluarga saja baru tahu setelah menerima oleh-oleh. Mudah-mudahan kedepannya tanaman ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia,,, itung-itung gantinya Cola yang banyak bahan kimianya yang sintetis sebagai cola yang alami rasa jawa.

21 komentar:

  1. Eh, apa iya rasanya kayak cola? jangan2 rasa coke itu meniru buah kawista ya? hehe... Aku juga pernah dengar namanya tp gak tahu rasa dan tampangnya.

    BalasHapus
  2. @fanda: Iya bisa dibilang rasa cola ala jawa mbak fanda... ya deket-dekt aja lah rasanya....

    BalasHapus
  3. ni beneran saya baru tau, ikutan hunting infonya ah hehehe :)

    BalasHapus
  4. @Nurrahman: Silahkan hunting Mas Nur... Semoga Sukses ya...

    BalasHapus
  5. ^_^

    assalamu'alaikum ...

    hmm ... enaknye ... hehehe ...
    jawa mana ya?

    BalasHapus
  6. @ 4 Antum: Saya juga gak tau... tetapi tetangga saya orang PATI kalo gak salah. Nah mungkin shafiqah bisa deh tanya-tanya kalo ada kenalan dari PATI.

    BalasHapus
  7. Saya juga baru tahu ini. Kukira buahnya sama dengan yang carica dari wonosobo itu. Ternyata lain ya...

    BalasHapus
  8. wah. kayak gimana ya rasanya kalo di lidah. baru tahu saya dengan buah ini. namanya juga baru kenal. ^_^

    BalasHapus
  9. Waduh,,enak negh...
    tak' search dlu kalo gt...

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah menikmatinya, lagi pula kalau mau beli juga nggak ada ditempat saya :(

    BalasHapus
  11. Waduh... nampaknya segar bener esnya...
    Jadi haus :D

    BalasHapus
  12. bunda baru tau ada buah yg namanya kawista , memang gak gitu populer ya Mas Budi?
    jangan2 sudah termasuk buah langka ya ?
    duh, semoga jangan sampai punah, kalau memang buah langka
    terimakasih utk infonya Mas :)
    salam

    BalasHapus
  13. @Halaman Putih: Wah saya juga baru denger buah carica mas.

    @Bliyanbayem: Saya juga baru kenal sob... itu juga oleh-oleh dari tetangga.

    @Lone Fighter: Silahkan sob.

    @Aldy: Iya mas... Ditempat saya juga gak ada. Cuman ada yang kasih sebagai oleh-oleh.

    @kakaakin: Iya... saya juga... cuman dah habis nieh... Enak banget soalnya kak.

    @Bundadon'tworry: Iya bunda,,, negara yang populer dengan kawista adalah Srilangka. Sebenarnya gak langka juga sih, lagian juga tanaman asing bukan asli Indonesia.

    BalasHapus
  14. baru tau juga dengan buah kawis disini,, thanks infonya.. salam

    BalasHapus
  15. @Ysalma: Iya gap papa,,, semua juga pada baru tau tuh...

    BalasHapus
  16. Hei buah ini ada di rumah temanku, biasanya dibuat rujak legi. Jadi pengen^^

    BalasHapus
  17. @uphiet: boleh dong dikirimin... belum pernah lihat nieh...

    BalasHapus
  18. wah... sirup kawista ya.. itu asalnya dari kampung saya tuh di Rembang Jawa Tengah...

    BalasHapus
  19. mf gan.numpang lapak.yg penasaran dg buah0kawis.yg0pgn nyoba sirup kawis.bs hubungi saya dsni.
    Habib (hab1bur.tokobagus.com)
    085226050071

    BalasHapus
  20. barusan minggu kemarin cobain..emang enak nih buah. dan bagus banget buat pencernaan/BAB. thx

    BalasHapus

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!! nanti akan oyomatis terhapus komennya yang muncul adalah peringatan.

Follow Us on Twitter

Follow Hennyon Google+