Batas Normal Usia Anak Memakaian Diapers (Pampers)

baby diapers, pampers

Baby Diapers atau yang lebih akrab ditelinga kita adalah pampers, sepertinya memberikan kemudahan bagi orang tua yang memiliki anak bayi dan balita. Namun hal ini akan menjadi masalah ketika anak sudah mulai tumbuh besar, namun masih tetap menggunakan pampers. Salah satunya adalah ukuran pampers yang memang terbatas dan juga bagaimana biaya yang akan ditimbulkan menjadi lebih besar.

Baby Diapers atau Pampers menjadi masalah disaat anak tidak bisa berhenti menggunakan atau ketergantungan terhadap pampers hingga usia semakin besar. Bahkan dalam sedikit kasus ada yang hingga memasuki usia Sekolah Dasar, Tentunya hal ini akan sangat merepotkan bukan? Ketakutanpun timbul, banyak hal dipertanyakan orang tua. Apakah hal ini bisa mengganggu kesehatan anak???

Pampers atau Baby Diapers, dari berbagai sumber mengatakan bahwa secara normal anak kita untuk penggunaannya hanya hingga usia 20 bulan. Namun hal ini sungguh jauh berbeda penerapannya pada setiap anak. Hal ini memang wajar karena tingkat nalar dan kontrol emosi setiap anak berbeda-beda. Secara pengalaman banyak kami temui bahwa secara normal lepasnya anak terhadap ketergantungan Pampers masuk pada usia 18 bulan hingga 26 bulan. Pada rentang usia ini, anak akan merasa tidak nyaman bila telah buang, akhirnya nalarnya berjalan. Hingga pada akhirnya juga akan selalu meminta kekamar mandi bila akan buang air.

Namun kejadian normal tidak semua anak bisa melakukannya. Maka dalam hal ini dibutuhkan pelatihan agar anak menjadi terbiasa untuk selalu mengontrol emosinya bila akan buang air. Mungkin tidak ada salahnya jika orang tua sedang libur, jangan dipasangkan pampers. Pelatihan ini biasanya umum dilakukan pada usia anak sejak 15 bulan hingga 24 bulan. Inilah peran aktif orang tua diperlukan. Bimbingan juga harus diberikan, selalu berikan petunjuk bila ingin buang air bilang sama papa mama ya. Ada juga sebagian orang tua yang memberikan jam-jam untuk buang air, pola ini sebenarnya bisa terlihat, hingga akhirnya orang tua hafal waktu-waktu anak dari emosi dan mimik wajahnya jika akan buang air.

Jadi bila ada yang bertanya berapa sih usia normal anak menggunakan pampers??? Jawaban akan bervariasi. Secara normal ya hingga usia 20 bulan. Namun secara pengalaman akan berbeda pada setiap anak. Peran aktif orang tua lebih diperlukan. Bagaimana dengan sobat??? Semoga pengalaman bisa menjadi manfaat bagi yang lain. Silahkan berbagi.....

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

28 komentar

komentar
Minggu, 19 September 2010 07.36.00 GMT+8 delete

wah ini disimpan dulu,heheh, posting khusus utk yg dah punya baby ya hehehe

Reply
avatar
Minggu, 19 September 2010 07.49.00 GMT+8 delete

Anak saya tak mengalami masalah dengan pipis dan BABnya meskipun tanpa diapers. Diapers saya berikan hanya ketika bepergian saja, di rumah tak pakai. Untuk pipis diatur/dibiasakan setiap dua jam sekali diajari, BAB juga dibiasakan setiap pagi. Dan sekarang anak sudah mampu bilang ketika akan melakukan kedua hal di atas.

Reply
avatar
Minggu, 19 September 2010 10.32.00 GMT+8 delete

tapi klo pki pampers to byk bgt dech manfaatnya...................makasih ya atas postingannya bisa nambah pengetahuan nich

Reply
avatar
Senin, 20 September 2010 13.18.00 GMT+8 delete

eniwei sekarang ada pampers buat kakek2 loh, pake ah...

ha ha ha

Reply
avatar
Senin, 20 September 2010 16.16.00 GMT+8 delete

hehehe lumayan nambah IP walaupun saya belum punya momongan..

salam adem ayem

Reply
avatar
Selasa, 21 September 2010 10.11.00 GMT+8 delete

Anak saya jarang di pakein diapers. Paling kalau malam hari atau lagi bepergian. Udah 2 thn lebih soale. Kalau dirumah suka diajarin pipis ke kamar mandi, krna blom bisa ngomong jadi kita kira-kira aja. Ini kayaknya dah mau pipis nih... Antar deh ke toilet. :D

Reply
avatar
Selasa, 21 September 2010 12.18.00 GMT+8 delete

seingat bunda , anak2 dulu pakai pampers hanya sampai usia 18 bln, krn sesudahnya mereka sudah bisa ngomong kalau ingin pipis atau BAB.
salam

Reply
avatar
Selasa, 21 September 2010 15.52.00 GMT+8 delete

emakku sekarang pake pampers itu
karena udah susah untuk ke kamar kecil

Reply
avatar
Selasa, 21 September 2010 19.49.00 GMT+8 delete

Maaf sebelumnya.... :)
Award - award..... silahkan di check..... disini

Reply
avatar
Rabu, 22 September 2010 10.11.00 GMT+8 delete

untung anak saya bisa dilatih untuk buang air kecil atau BAB setelah lewat 18 bulan, jadi gak repot memakai diapers. Sesekali bocor juga, saat latihan awal pembiasaan itu

Reply
avatar
Rabu, 22 September 2010 13.00.00 GMT+8 delete

Hmm.. aku sempat kaget saat anak usia 3 tahun lebih, tapi masih menggunakan diapers. Alasn orang tuanya sih karena anaknya belum bisa bilang pas mau pipis gitu...
Entahlah, apakah ada rasa malas di balik penggunaan diapers ini...

Reply
avatar
Rabu, 22 September 2010 15.28.00 GMT+8 delete

Wah, anakku udah satu tahun 11 bulan masih pake diapers. Harus segera dilatih nih. Thx infonya.

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 01.38.00 GMT+8 delete

Anakku sampai umur 2,5 tahun pakai pampres, masalahnya kalau tidur ngompolnya sudah luar biasa banyak. Alhamdulillah tidak timbul efek yang berarti.

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 07.47.00 GMT+8 delete

@ All: Sebenarnya banyak alasan dalam penggunaan diapers ini. Pertma adalah kemudahan dan kepraktisan. Namun dalam hal ini bila terus berlanjuta akan mengakibatkan rasa malas yang sangat terhadap orang tuanya.

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 07.49.00 GMT+8 delete

@ All: Untuk anak yang kuat minumnya terkadang sulit untuk melatih penghentian penggunaan diapers, terutama pada malam hari. Jadi diape4rs bisa sangat membantu. Terutama pada anak yang tingkat nalar emosinya masih rendah.

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 09.06.00 GMT+8 delete

Wah, masak ada anak yg hingga SD masih pake pampers? Mungkin ortunya kurang telaten untuk mengarahkan ya

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 10.11.00 GMT+8 delete

@ Fanda: Kemungkianan memang iya mbak. Ini terjadi di sekolah saya, sewaktu saya mengajar kelas 1 SD. tetapi Alhamdulillah sekarang sudah tidak. Mungkin karena malu dengan teman-temannya. Akhirnya berlatih.

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 10.16.00 GMT+8 delete

walaupun aku belum cukup berpengalaman dalam hal ini.. tapi setidaknya artikel di atas bisa memberi sedikit pengetahuan buat nanti.. memang sih saya sendiri juga masih mempertanyakan baik-buruknya pampers..

Reply
avatar
Kamis, 23 September 2010 11.06.00 GMT+8 delete

@ Cerita Inspirasi: Gak papa mas jOddie. Saya juga belajrnya sebelum menikah. Jadi pas nikah sudah gak kaget lagi.

Reply
avatar
Sabtu, 25 September 2010 13.45.00 GMT+8 delete

untung jaman sekarang udah ada yang namanya pampers... coba dulu... masih pake kain!! maaf mas sedikit OOT. ^_^

Reply
avatar
Rabu, 19 Desember 2012 12.57.00 GMT+8 delete

makasih infonya,. kebetulan anak saya juga lagi belajar untuk tidak menggunakan diapers .

Reply
avatar
Rabu, 20 Maret 2013 17.27.00 GMT+8 delete

thx infonya. babyku dah 15 bln...hrus dkurangin pemakaian pospaknya nih.tapi kadang2 aku selingin pakai pempers yg bisa dipakai ulang lho. lebih hemat dan bermanfaat.

Reply
avatar
Jumat, 05 Juli 2013 09.54.00 GMT+8 delete

makasih sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

Reply
avatar
Sabtu, 19 April 2014 23.16.00 GMT+8 delete

Ya, pelatihan memang sangat diperlukan membawanya ke kamar mandi agar jangan seteusnya tergantung pada papmpers

Reply
avatar
Kamis, 25 Februari 2016 13.53.00 GMT+8 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Selasa, 15 Maret 2016 22.18.00 GMT+8 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar