Homemade Recipe - Resep Rumahan Sayuran Goreng (Vegetable Fritters)

resep sayuran goreng - Vegetable Fritters recipe

Ada yang nyeletuk sewaktu ngumpul bareng dengan teman-teman “Musti dimasak seperti apa ya sayurnya biar anak-anak mau makan?” . Wah sepertinya ini menjadi pertanyaan yang sering dialami para orang tua. Karena memang ada beberapa orang tua yang mengeluhkan seperti ini. Nah mungkin menu kali ini cocok untuk masalah tersebut (Insya Allah ya).

Menunya adalah Vegetable Fritters atau kalo kami dirumah menyebutnya Sayuran Goreng. Malah terkadang bentuknya bisa menyerupai Ba’wan (Jawa Tengah), Ote-Ote (Jawa Timur), Bala-Bala (Jawa Barat) atau sebutan lain untuk daerah yang berbeda. Hayo dimulai aja…

Bahan utamanya adalah Sayuran (Boleh deh di combinasi segala jenis sayuran, yang penting sayuran). Kali ini kita gunakan Jagung, bayam, Timun Jepang (Zhuccini), wortel dan paprika.

Bahan-bahan:
  1. Jagung Kernels (yang sudah berbentuk bijian) atau jagung beli dipasar (kupas dan pisahin jadi bijian ya). 125 gr.
  2. Bayam ambil bagian daunnya dan batang muda diiris-iris. 1 Ikat saja.
  3. Timun Jepang di potong seperti korek api ya. 360 gr.
  4. Wortel potong seperti korek api. 150 gr.
  5. Paprika potong dadu kecil ya. 100 gr.
  6. Bawang Bombay di cincang. 1 siung.
  7. Tepung terigu 75 gr.
  8. Garam 1 sdt. Atau secukupnya sesuai selera.
  9. Bawang daun diiris tipis 1 batang.
  10. Telur, 3 butir.
  11. 4 tbs Canola Oil atau Olive Oil.

Nah sekarang kita masuk cara masaknya ya. Insya Allah mudah koq.
  1. Campurkan bahan jagung, bayam, timun jepang, wortel, paprika, bawang Bombay, tepung, Garam, bawang daun, telur kuningnya. Aduk hingga rata.
  2. Putih telurnya di letakkan di mangkuk dan kocok sampai kaku. Dan berikan pada lipatan campuran sayur.
  3. Panaskan pan yang besar dengan panas sedang. Berikan sedikit minyak canola atau minyak zaitun. Masukkan 1/3 cangkir kopi campuran sayur masak sekitar 5 menit. Balik dan masak antara 5 – 8 menit. Ulangi untuk yang berikutnya. Dengan menggunakan Pan besar jadi bisa sekaligus banyak untuk sekali masak.

Nah penyajiannya sesuaikan selera ya. Kami lebih senang dengan chili sauce atau saus sambal. Kalo di luar sono sih biasanya pake salad juga. Bagaimana??? Mudah bukan, anda juga bisa memasak dengan anak anda dengan membimbingnya.

Recipe Source: http://www.taste.com.au/recipes/13773/vegetable+fritters

Tag: Bayam Bumbu Canola Dapur Goreng Jagung Menu Minyak Paprika Sayuran Sehat Timun Jepang (Zhuccini) Vegetable Wortel Resep Resep Rumahan Recipe Homemade Recipe

Komentar

  1. wah liat gambarnya aja sudah membangkitkan selera nih, (kaya' martabak ya bentuknya),

    thank's ya

    BalasHapus
  2. Menarik sekali..Kliatan kayak martabak telur yach, yang ini anak2 pasti suka.

    BalasHapus
  3. Hehe... jadi ingat salah seorang keponakanku yang menyingkirkan daun bawang satu persatu dari martabak yang akan dimakannya:D

    BalasHapus
  4. gatelband>>> Makanya dibuat dulu sob.. hehehe..

    Bunda dzaky >>> Insya Allah anak-anak suka.

    Kakaakin >>> Ini bukan seperti martabak kaka... mungkin ini lebih mirip dengan ba'wan, ote-ote atau bala-bala....

    BalasHapus
  5. Salam, kunjung balik..
    bala-bala favorit... sayang baru bisa ngebayangin

    BalasHapus
  6. Nyam.. Nyam.. Nyam.. Enak nih.. Ada bayam pula yang Anas suka..

    BalasHapus
  7. Timun jepang..??

    Aku sebagai bapak rumah tangga baru sekali mendengar namanya :D

    Kreatif :)

    BalasHapus
  8. hmm, kayaknya enak nih
    mau coba ah
    lumayan buat nambah menu masakan di kostan :)

    BalasHapus
  9. @Triyanto >>> Bala-bala emang favorit juga mas buat saya.

    @pendarbintang >>> suka ya???

    @Anas >>> kaya' popey aja suka bayam... saya juga suka bayam.

    @edratna >>> Silahkan Mbak.

    @Zico >>>Iya Pak... biasanya lebih dikenal dengan nama Zuchchini.

    @Sya >>> Silahkan Sya...

    BalasHapus
  10. Kunjungan balik.... :)

    wah patut dicoba tuh, sukses selalu

    BalasHapus
  11. wah, menarik juga ya. Saya sendiri gandrung dg goreng2an.. apalagi gorengan sehat seperti ini..

    BalasHapus
  12. Cocok sekali..Saya suka jagung,apalagi kalau dibikin sop jagung, langsung sikat.

    BalasHapus
  13. Jadi pengin latihan masak,tapi gak bisa ^_^..

    BalasHapus
  14. @Mila: Silahkan mba Mila. Semoga sukses juga.

    @Casdiraku: Insya Allah sehat mas. Kalo goreng pake Minyak Canola.

    @Suparyanto: Sop jagung juga suka, cuman buat anak yang susah makan sayur agak ribet juga kalo di sop.

    @Belajar CorelDraw: Mudah-mudahan sempat untuk latihan ya..

    BalasHapus
  15. Hmmh... yummy..kayaknya enak tuh buat di cobain...salam kenal dan ini kunjungan perdanaku..

    BalasHapus
  16. @ Ella >>> Silahkan Mbak Ella... Salam kenal juga. Insya Allah nanti dikunjungi juga ya...

    BalasHapus
  17. Hadoooh ko jadi ngiler yah liat gambarnya? tar coba ah bikin, sapa tau Zahia doyan :-)

    BalasHapus
  18. @Zulfadhli's Family >>> Silahkan mbak... semoga Zahia ma ayahnya juga suka... hehehe...

    BalasHapus
  19. Saya, karena lagi mulai mencoba menghindari makanan yang digoreng, jadi sebisa mungkin menghindari gorengan. :D

    Kecuali kalo makanan itu menggunakan minyak zaitun (olive oil) sebagai minyaknya. :)

    BalasHapus
  20. @Kampung Perawan >>> Kalo laper makan sob,, hehehe...

    @Asop >>> Bila tujuannya menghindari kolesterol,,, silahkan gunakan minyak canola (Canola Oil). Silahkan anda baca juga informasi tentang minyak canola di blog ini.

    BalasHapus
  21. Resepnya bisa juga dicoba nih.....makasih ya

    BalasHapus
  22. @Eka Srigunari >>> Silahkan dicoba Bu... MOnggoooo

    BalasHapus
  23. Aduuuuh rasanya eman banget sayur kok digoreng... :D
    Sayur enaknya fresh! :)) *paling tidak di-sop bening lah*

    BalasHapus
  24. @Asop >>> Semua jenis dan type memasak sama aja sob, jadi gak ada yang eman. Ada beberapa sayuran yang memang harus dimasak. Ini juga tertutup dengan tepung dan tidak banyak sari yang terbuang. Bila disop (Direbus) pastinya juga banyak nutrisi yang terlarut.

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.