Cara Menghitung Masa Subur Wanita

menghitung masa subur wanita


Menghitung Masa Subur Wanita. Blog Keluarga kali ini terinspirasi lagi dari teman-teman. Biasanya memang dikantor kalo lagi kerja bisa sambil ngobrol gak jelas. Kebetulan ada teman yang baru menikah gak tau gimana caranya menghitung masa subur pada wanita, maksudnya kalo bikin program anak atau kehamilan bisa diatur waktunya.

Menghitung masa subur wanita secara umum biasanya dengan sistem kalender. Namun kita harus mengetahui siklus haidnya terlebih dahulu, apakah teratur atau tidak. Pada setiap wanita berbeda-beda siklus masa haidnya. yang normal antara 26 - 31 ada juga bahkan yang 26 - 35.

Bagi yang siklus haidnya teratur masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.


Bila siklus haid teratur (28 hari) 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid

Contoh : Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 7 Januari. Tanggal 7 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 18 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 22 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 18 Januari hingga tanggal 22 Januari. Jadi bila ada program kehamilan, lakukanlah pada tanggal 18 Januari sampai tanggal 22 Januari.

Bila siklus haid tidak teratur. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. • RUmus Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh : Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya) Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Jadi bila ada program kehamilan, lakukan pada hari ke-8 hingga hari ke-21.

Gamblangnya, orang tua jaman dulu suka bilang masa subur itu 1 minggu setelah masa haid selama 2 minggu. Entah menghitungnya dari mana tetapi hampir tidak jauh berbeda ya..... Ini juga termasuk yang dikatakan orang tua kami..

Mudah bukan... semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang dalam program kehamilan. Semoga Allah segera memberikan AmanatNya... Amien.

Tag: Haid Kalendar Kalender Kehamilan Masa Subur Menstruasi Siklus Haid Wanita

Komentar

  1. Bagi yang pingin punya anak atau yang mau KB alami, postingan ini bisa untuk pedoman.

    BalasHapus
  2. @ Nurhayadi 03/11 6:25 >>> Insya Allah ya Akhi Nurhayadi.

    BalasHapus
  3. TErimakasih, isteri ga perlu KB lg kalo yang belum mau nambah momongan...

    BalasHapus
  4. @Triyantobanyumasan 03/11 9:45 >>> Sama-sama mas.. ada sebagian orang yang memang menggunakan metode ini mas...

    BalasHapus
  5. Koq sama yah?... ditempat saya kalau sudah kumpul biasanya ngomong ginian

    BalasHapus
  6. @Bang Iwan 03/11 01:20 >>> Iya yah... mungkin disemua tempat bang...

    BalasHapus
  7. kalau masa menstruasinya lancar dan teratur setiap bulan, pasti cara ini bisa utk pengganti alat KB ya Mbak Henny
    salam

    BalasHapus
  8. Yang jadi masalah kalo udah siklusnya gak tentu, suka lupa mencatat tanggal bulan lalu lagi, hehehe...

    BalasHapus
  9. Info yang bagus dan detail..jadi paham dech...

    BalasHapus
  10. bagus juga artikelnya, komentar juga dong ke blog saya : http://tipshot.blogspot.com

    BalasHapus
  11. iya yang saya tahu masa subur itu seminggu sesudah haid dan seminggu sebelum haid. kurang lebih begitulah :)

    BalasHapus
  12. Hehehe... semua hal bisa dibahas di kantor ya...
    Kadang malah berlebihan :(

    BalasHapus
  13. @Bunda Lili >>> Sebenarnya kalo tidak teratur bunda,,, kudu rajin mencatat siklus perenam bulan sebelumnya....

    @Fanda >>> bukan lupa lagi deh fan kayaknya. yang ada males banget...

    @Lone Fighter: Iya belajar dulu deh... Ntar Insya Allah bermanfaat.

    BalasHapus
  14. @Ibu DzajyFai >>> Alhamdulillah kalo paham Bu... Insya Allah bermanfaat.

    @TipsHots >>> Terima kasih. Insya Allah bermanfaat.

    @Orange Float >>> Ya secara gamblangnya memang begitu non...

    @Kakaakin >>> hehehe.... iya ya. kayaknya semuanya deh kaka...

    BalasHapus
  15. Thansk infonya yah. Kebetulan gw termasuk yang haid teratur. Dan emang karena takut pake alat2 KB (seperti suntik, pil, spiral, IUD), makanya sistem tanggalan ini cocok banget :-)

    BalasHapus
  16. @ Zulfadhli's Family >>> Iya mbalk... Insya Allah bermanfaat deh...

    BalasHapus
  17. pas sekolah dulu aku juga diajarin menghitung beginian pas dapet biologi. sesuai kalender Cina juga. :)

    BalasHapus
  18. @Tukang colong >>> Wah saya baru tau juga kalo ini sesuai kalnder cina... Memang ilmu pengetahuan dan budaya cina diakui sejak dulu ya...

    BalasHapus
  19. Mencoba mencari hari yang tepat sahabat ^_^..

    BalasHapus
  20. Belum punya "TO" yang dihitung,jadi disave dulu..

    BalasHapus
  21. @Suparyanto >>> Insya Allah harinya tepat...

    @Belajar Corel Draw >>> Yah disimpan dulu. Insya Allah nanti digunakan dan bermanfaat.

    BalasHapus
  22. info-nya bermanfaat meski belum bisa digunakan. hehehe

    BalasHapus
  23. Katanya wanita yang pertama kali haid, terkadang masih tidak teratur siklusnya.

    BalasHapus
  24. Mudah2an Allah mudahkan kita semua memiliki anak-anak shaleh dan shalehah...

    aamiin

    BalasHapus
  25. Terima kasih infonya.....saya copy lagi ke blogku ya...soalnya lagi mencoba program ini, doakan berhasil ya....

    BalasHapus
  26. @Sya >>> Insya Allah ntar bermanfaat dik... sabar ya...

    @Kampung Perawan >>> Kebanyakan memang iya sob.

    @Rama >>> Amien...

    @Eka Srigunari >>> Silahkan Bu... Insya Allah berhasil ya...

    BalasHapus
  27. biasanya, kalender ini ada di bidan..sekaligus bisa di'ramalkan' si jabang bayi apakah betina atau jantan..

    BalasHapus
  28. @Rizki Aji >>> baru tau saya kalo dengan kalender ini bisa diramalkan sijabang bayinya.. hehehe....

    BalasHapus
  29. wah saya terkadang agak susah ngitungnya..suka ga keingat neh..hehe. btw itu dah rumah matinya yak?

    BalasHapus
  30. @Julicavero >>> makanya dicatat bang biar gak lupa... Gak ngerti apa maksudnya???

    BalasHapus
  31. kalo saya untuk kb alami..maka berhubungan adalah di masa tak subur setelah masa subur mba heni, kaena kalo di masa tak subur sebelum masa subur bisa jadi tahan 3 hari an...

    BalasHapus
  32. @puteriamirillis >>> Bisa jadi juga sih put... memang terkadang kondisi tiap orang berbeda-beda. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.