Syarat Penerbitan Sertifikat Tanah

Syarat Penerbitan Sertifikat Tanah. Penerbitan sertifikat Hak Atas Tanah meliputi pendaftaran pertama kali yakni:
  1. Sertifikat Wakaf untuk tanah yang belum terdaftar.
  2. Pendaftaran Pertamakali konversi - sistematik.
  3. Pendaftaran tanah pertamakali konversi - sporadik.
  4. Pendaftaran tanah pertamakali pengakuan dan penegasan hak - sporadik.

Yang Kedua adalah tanah terdaftar meliputi:
  1. Penggabungan sertifikat.
  2. Pemisahan.
  3. Pemecahan Sertifikat.
  4. Perubahan HM menjadi HGB atau HP dan HGB menjadi HP tanpa ganti blanko.
  5. Perubahan HM menjadi HGB atau HP dan HGB menjadi HP dengan ganti blanko.
  6. Perubahan hak dari HGB menjadi HM untuk RS/RSS tanpa ganti blanko.
  7. Perubahan hak dari HGB menjadi HM untuk RS/RSS dengan ganti blanko.
  8. Sertifikat hak milik atas satuan rumah susun.
  9. Sertifikat wakaf untuk tanah terdaftar.

Untuk lebih jelasnya pemohon harus datang sendiri ke kantor BPN agar terhindar dari praktik jasa perantara. Karena menggunakan jasa perantara merupakan salah satu faktor pengurusan yang lama. Nanti akan dijelaskanoleh petugas bagaimana tatacaranya.

Jangan lupa mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Sehingga jika ada persyaratan yang belum lengkap, maka pemohon akan langsung dihubungi oleh petugas. Hal ini juga untuk mengantisipasi stigma pengurusan sertifikat butuh waktu lama.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Balikpapan.

Untuk Kota lain mungkin sama saja, atau anda bisa langsug menanyakannya di Badan Pertanahan Nasional tempat anda.

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

5 komentar

komentar
Rabu, 06 April 2011 13.06.00 GMT+8 delete

betul melakukan sendiri lebih tepat karena kita akan lebih tahu secara detailnya, dan pastinya mengurangi biaya atau ongkos

Reply
avatar
Rabu, 06 April 2011 15.44.00 GMT+8 delete

trims gan
sertifikat tanah harus dimiliki oleh pemilik tanah.
jangan lupa untuk mengurusny

Reply
avatar
Kamis, 07 April 2011 02.52.00 GMT+8 delete

Bener banget tuh, sebisa mungkin hindari calo :D
Tapi aku nggak ngerti sama sekali masalah sertifkat ini :(

Reply
avatar
Kamis, 07 April 2011 10.42.00 GMT+8 delete

Wah berguna banget infonya. Makasih yah Pak Budi & Ibu Henny.

Aoa kabar neh? Semoga sehat selalu yah :-)

Reply
avatar
Kamis, 07 April 2011 21.47.00 GMT+8 delete

keknya tanah emakku udah bersertifikat deh
ntar kucek dulu dah

Reply
avatar