Tips Keuangan: Agar Bisa Menabung

Keuangan setiap individu dikelola oleh individu tersebut. Salah satu komponen yang ada adalah menabung. Namun bagaimana caranya agar bisa menabung? Banyak faktor seseorang bisa menabung atau tidak. Mungkin tips dari Blog Keluarga kali ini bisa membantu sobat sekalian.

Menabung
Ilustrasi: Dok (123RF)
Bila ingin bisa menabung, pastikan bahwa anda sudah menyisihkan dana untuk menabung terlebih dahulu, baru membuat anggaran biaya (bila ini sudah dalam angka kelayakan hidup, Bagi keluarga kami angka kelayakan hidup perbulan per orang Rp. 600.000,- Orang Dewasa. Kota Balikpapan. Anda bisa membuat angka kelayakan hidup sendiri, bahkan bisa membuat gradenya sendiri sesuai kemampuan anda.

Baiklah. Bila anda berpenghasilan besar tidak masalah untuk menabung, namun juga tidak sedikit orang yang berpenghasilan besar namun tidak bisa menabung. Berikut kita yang bisa kami gunakan.

1. Motivasi diri agar bisa menabung, ini hal utama. Bila ini tidak ada maka berapapun penghasilan anda pastinya tidak akan bisa menabung.

2. Sisihkan terlebih dahulu dana untuk menabung. Misalkan anda berpenghasilan Rp. 1.200.000 perbulan. Maka sisihkan terlebih dahulu dana tabunga anda, misalkan Rp. 50.000,-. Kemudian Baru susun anggaran biaya utama anda. Sisanya untuk Hiburan.

3. Kurangi biaya-biaya yang tidak sangat mendesak. Misalkan memasang TV Kabel, bila masih bisa dengan antena, sebaiknya tidak usah. Bahkan saya pernah melihat konsultan perencanaan keuangan mengharuskan kliennya untuk tidak menonton TV. (Kejam banget ya???)

4. Bila anda perokok, mulailah berhenti merokok. Nilai ekonomisnya adalah: bila anda merokok sehari 1 batang (Perbatang Rp. 500,-). artinya 30 hari Rp. 15.000,-. Sedangkan sangat jarang orang merokok 1 batang sehari, bisa-bisa sampai 5 batang sehari.

5. Pilih jenis tabungan hari tua, yang sangat tidak ,mungkin dapat diambil sewaktu-waktu (Ini untuk pilihan tabungan hari tua - dana pensiun).

6. Bagi yang muslim, boleh deh sedekah dengan cara yang baik dan penuh keyakinan. Masa iya minta sedekahnya dibalas tetapi gak pernah menjalan kewajiban; seperti sholat lima waktu) ya sedekahnya cuman nutup dosanya doang, iya kalo diterima. Dengan cara yang benar Insya Allah dibalas dengan lebih banyak dari Allah.

7. Jalan terakhir, bila tidak bisa maka tingkatkan penghasilan anda. Bila penghasilan anda perbulan Rp. 1.200.000. Ingin menabung Rp. 50.000,- perbulan. Maka anda harus meningkatkan penghasilan anda menjadi Rp. 1.250.000,- perbulan.

Bagaimana dengan sobat sekalian, apakah sudah menabung??? atau ada kiat lain silahkan berbagi dikolom komentar ya???

Artikel Terkait

I was an employee in a company Media Print on Accounting section at the supervisor level . There are still many things to be learned gradually .

As a blogger since 2007 to date to another part of my life that is still comfortable to live . Met many friends and broaden one of its advantages and also earn income is a remarkable thing .

7 komentar

komentar
Selasa, 14 Juni 2011 14.44.00 GMT+8 delete

hehe..bujangan kok susah yah ngatur keuangan..ckckckc

Reply
avatar
Rabu, 15 Juni 2011 07.51.00 GMT+8 delete

@Aditia >>> Biasanya sih memang begitu...

Reply
avatar
Rabu, 15 Juni 2011 08.26.00 GMT+8 delete

jaman sekarang harus pintar menabung gan

Reply
avatar
Rabu, 15 Juni 2011 09.18.00 GMT+8 delete

ooowh..tak kirain cuma ane ajah...hehehe, susah bener dah nabung...kudu dipaksa :(

Reply
avatar
Rabu, 15 Juni 2011 09.50.00 GMT+8 delete

@Obat Sakit 2011 >>> Sebenarnya dari dulu kudu bisa nabung sob..
@Aditia >>> Yah salah satu caranya langsung ditabung....

Reply
avatar
Sabtu, 01 Oktober 2011 09.49.00 GMT+8 delete

Makasih jeng infonya mantab.....ini jeng ada Hardness TEster wat alat uji kekerasan asli Indonesia

Reply
avatar