Bermain Berbagai Macam Mainan Kendaraan untuk Anak

Mainan berbagai macam kendaraan saat ini banyak dijumpai di berbagai tempat penjual mainan anak. Pada umumnya anak laki laki yang senang memainkannya, tetapi tidak sedikit juga anak perempuan yang memainkan. Salah satu keponakan saya adalah anak perempuan dan senang juga bermain mobil-mobilan dan kereta api.


Selain sebagai sara bermain dan hiburan anak, ternyata bermain mainan kendaraan bisa memberikan nilai kepada anak. Paling tidak anak bisa mulai belajar mengenal nama kendaraan yang dimainkan. Cara memainkannyapun gampang koq, belilah satu jenis kendaraan saja dulu kemudian ayah atau bunda bisa bermain dengan anak sambil menjalankannya atau anak yang menjalankannya sambil diberikan suara dari mulut. Terserah bagaimana suaranya, dan juga lupa untuk mengenalkan namanya. Untuk tetap mengingat namanya pastikan menyebutkan nama setiap kali bermain. Biasanya, bila anak mulai berkembang dengan permainan ini, ayah atau bunda bisa membelikan mainan kendaraan baru atau bisa yang satu set berbagai jenis kendaraan. Mulailah anak bertanya ini apa? ini apa? dan ini apa? jelaskan degan bahasa sederhana agar anak mengerti.


Mainan juga gak perlu mahal koq, bisa juga buat sendiri. Saya pernah buatkan dari sisa bungkus rokok mobil-mobilan, kereta api, dan dari sisa kawat jemuran menjadi sepeda. Hingga anak mengerti mobil yang pendek, kereta api yang panjang. Mungkin awalnya anak hanya mengenal satu kata yaitu mobil, kemudian jabarkan sedikit-demi sedikit jenis-jenis mobilnya. Misalkan mobil truk, mobil bus, mobil ambulan dll.
Insya Allah anak akan senang bermain, motoriknya bergerak dan bisa sambil belajar mengenal kendaraan.

mainan anak


Pic: http://www.thetoyzone.com/2009/melissa-and-doug-wooden-toys/
Tag: bermain mainan kendaraan mobil mobil-mobilan macam motorik belajar mengenal hiburan anak

Komentar

  1. ini mainan anak2 ku mbak :) dua2nya cowo

    BalasHapus
  2. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di blog saya www.when-who-what.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Modifikasi blogspotnya bagus!!!
    Salam kenal semoga kunjungan ini tidak berhenti sampai disini....

    Salam perubahan....

    BalasHapus
  4. kendalanya tuk anak di era se karang ini adalah.. menjamurnya game online :(

    BalasHapus
  5. klo gua waktu masih anak2 suka aen bebeletokan. Tau nggak mbak? Itu lho bikinnya dari bambu kecil, terus ada sodokannya. Pelurunya dari kertas yang dibasahin. Pernah kena pipi jebot jebot langsung bengkak. Sekarang udah ga pernah liat bebeletokan lagi.

    BalasHapus
  6. Kalau kata saya mbak, lebih kreatif anak2 jaman dulu ya, mainan gak usah beli, tapi bikin sendiri >.<

    BalasHapus
  7. Bermain memang salah satu aktivitas untuk menunjang sel motorik anak. Have a nice day

    BalasHapus
  8. ga cuma buat anak, saya juga senang main itu haha

    BalasHapus
  9. Orang tua sekarang banyak yang bingung saat mengajak anak jalan2. Karena sering kali anak minta dibelikan mainan ini itu...
    Bikin mainan sendiri, ide yang bagus banget ya... :)

    BalasHapus
  10. Jadi mengingatkan saya ketika masih kecil, mainan mobil-mobilan yang dibuatkan Ayah saya ....

    BalasHapus
  11. makasih atas tipsnya...
    nanti aku akan terapin utk anak pertamaku kalo udah lahir...
    mohon doanya ya agar proses kelahirannya lancar

    BalasHapus
  12. Saya masih punya lo mainan jaman saya masih anak2. dan yang paling penting menurut saya mungkin sebuah permainan yang dapat meningkatkan kinerja otak anak dalam berfikir dan memacu untuk menjadi anak cerdas.

    BalasHapus
  13. wah itu maenan jaman saya masih kecil dulu, tapi dulu mah belom berwarna.. Tapi kok sekarang udah ada warnanya ya.. bener-bener gak adil B)

    BalasHapus
  14. dirumahku ada playgrup...banyak mobil2an hasil kreasi dari kardus lho..... murmer...murah meriah dan kreatif juga kan?

    BalasHapus
  15. wah, mainannya kenapa kebanyakan benda2 yang berbau otomotif ya?
    kenapa bukan mainan jaman dulu aja, kaya petak umpet, tebak2an, dll
    kan lebih efektif. di samping itu juga melatih mental anak agar hidup berkelompok.

    BalasHapus
  16. ga perlu mahal
    yang penting berguna

    ga perlu mahal
    karena bentar aja udah dibanting2
    hehehe...

    BalasHapus
  17. bener, gak perlu mahal .. bikin dari bahan yang ada di sekeliling aja.

    BalasHapus
  18. mendukung yg buatan sendiri, daur ulang :D

    BalasHapus
  19. Artikel yang menarik lho mba...tapi buat sekedar info coba deeech mampi ke sini

    http://www.108csr.com

    BalasHapus
  20. kepada teman blogger..
    kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
    ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
    PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
    untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
    terima kashih

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.