Resep Rumahan Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay dari Le Moel

Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay adalah salah satu sayuran yang ayah suka banget bikin, bahkan sering banget. Bisa aja dalam 1 minggu bikin 2 sampai 3 kali. Katanya enak kalo seger-seger. Emang ayah paling suka masak sayuran sendiri, diantaranya adalah Sayuran Goreng (Vegetable Fritters) dan Sup Pok Choy Ikan Patin Goreng Lada Hitam. Tetapi bingung nieh, Oseng ma Cah sama gak ya, saya sih menganggapnya sama aja, gak papa ya? Ya udah gak usah panjang-panjang, ni langsung masuk ke cara masaknya ya? Kenapa juga namanya ada Le Moel, itu iseng aja, diambil dari nama ayah Budi Mulyono biasa dipanggil Lek Mul sama ponakannya, cuman kadang temen-temen nulisnya Le Moel.

cah oseng kangkung udang papayBahan-Bahan Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay:
  1. Kangkung Cabut (Kangkung yang masih muda yang panennya dicabut, biasanya di tanah bukan dirawa) jadi batangnya kecil-kecil gak gede-gede enak makannya dan juga masaknya cepet gak usah di[isah antara batang ma daun sebab bisa masak berbarengan. Mungkin di tiap daerah berbeda bahan dan bentuk kangkung ini. 1 Ikat. Dipotong suka-suka deh, maksudnya sesuai selera.
  2. Tomat 1 biji, dibelah-belah menjadi 16 bagian kalo bisa jadi tipis-tipis.
  3. Cabe Merah 2 Biji, diiris-iris sesuai selera aja.
  4. Udang Papay, Segenggaman tangan.
  5. Telur ayam, 1 butir.
  6. Lengkuas/laos, seibu jari, Digeprek ya, pake ulegkan kalo nggap pisau daging yang gede.
  7. Terasi yang udah dipanggang, 1 sdm.
  8. Bawang putih, 2 siung, digeprek dan dicincang kalo bisa, kalo nggak juga gak papa.
  9. Garam, secukupnya.
  10. Merica bubuk, secukupnya.
  11. Gula pasir, secukupnya.
  12. Minyak goreng (kalo bisa pake Canola ya), secukupnya.

Proses Memasak Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay:
  1. Kangkung yang udah dicuci dan dipotong disiapkan dulu.
  2. Panaskan minyak goreng.
  3. Masukkan telur dan buat seperti telur urak-arik (Scrambled Egg).
  4. Bila sudah matang, sisihkan dan masukkan bawang putihnya dan tumis sampai wangi.
  5. Masukkan udang papay tumis lagi hingga keluar wanginya.
  6. Kemudian masukkan kangkung, lengkuas, terasi, tomat, dan cabenya. masak hingga matang, bila air dirasa kering bisa ditambahkan air sedikit.
  7. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Tumis hingga matang.
  8. Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay siap disajikan.

Biasanya masyarakat Indonesia sayuran buat temennya nasi, nah buat ayah Cah (Oseng) Kangkung Udang Papay ini bisa menjadi makanan utama di malam hari dan biasanya paling pas ditemanin ma Gorengan Kembang Tahu Gulung.

Gampangkan??? hayo para suami yang pengen masak, menu ini pasti bisa deh dipraktikin. Bagaimana dengan sobat, oseng kangkung seperti apa biasanya yang dimasak dirumah??? Silahkan berbagi dikolom komentar ya...


Tag: oseng cah kangkung udang papay resep menu rumahan bahan masak tomat lengkuas bawang terasi telur gula

Komentar

  1. Hayoo oseng kangkung, enak buat tidur katanya, apalagi dibulan puasa.

    BalasHapus
  2. udang papay yang gimana ya Mbak, di pictnya yang kecil-kecil itu ya?

    oseng kangkung emang enak yang batangnya kecil-kecil dan muda yang disajikan dalam keadaan masih panas, plus ada butiran cabe ijo dan paprika ehmmm nyusss

    BalasHapus
  3. kirain papay itu plesetan dari kata papa :)

    BalasHapus
  4. #Pak Ies: Lidya:
    Udang papay emang kecil-kecil, saya gak tau namanya di daerah lain. Malahan suka dibilang kulit udang kecil, karena memang hanya terlihat seperti kulitnya saja. Tapi ayah suka banget dengan udang ini.

    BalasHapus
  5. saiia pribadi kurang begitu suka sayur2an.. hanya sayuran tertentu ajja yang bisa masuk :( gpp kan mbak?!?! :(

    BalasHapus
  6. wow..ngiler aku..

    hehhe

    resepnya akan dicoba

    BalasHapus
  7. haaa di tempatku disebut udang pepai
    sedaaaap betoool

    BalasHapus
  8. oKE DEH...
    Di save dulu resepnya, ntar di praktekin di rumah :)
    Tengkyuuu...

    BalasHapus
  9. aku & suami juga pakai android kok mbak, selama ini baca ebook di android hp tapi kecil kan :)
    ooh ya kalau beli dari sini nanti mahal ongkirnya mbak, kalau pesan temankan free

    BalasHapus
  10. kangkung cabut = kangkung akar ya mba?
    mau nanya udang papay, Pak Ies udah nanya, membaca jawaban dari mba aku udah ngerti udang yg mba maksud.

    makasih resepnya mba :)

    BalasHapus
  11. Kangkung makanan favorit saya :D
    eh itu ngirisnya nyerong ya jadi sepintas seperti buncis hehe
    saya mau coba buat buka puasa ah :)

    BalasHapus
  12. Beuuh kangkung euy :D
    Hmm, enak nih kayaknya makan kangkung udang paypay dengan orang terkasih XD

    BalasHapus
  13. #Narti:
    Iya mbak, saya suka gak tau di daerah lain apa namanya. Kangkung cabut memang masih ada akarnya terkadang kalo dijual.

    Udang papay, kalo di tempat bang atta udang pepai.

    BalasHapus
  14. hmm...oseng kangkung ya...suka banget tuh...enaknya dengan rasa pedas...wow...jadi langsung pengen di bikinin ntar pas buka puasa...tq resepnya...

    BalasHapus
  15. boleh juga nich resep'a di pakai..:)

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.