Tips Diet: Memenuhi Kebutuhan Serat Tanpa Sayur

tips diet, kebutuhan serat tanpa makan sayurTips diet dari Info Blog Keluarga yang gak pernah juga untuk melakukan diet ternyata banyak juga digunakan. Tips diet kali adalah bagaimana memenuhi kebutuhan serat bagi yang tidak suka makan atau bahkan tidak bisa makan sayur karena sesuatu dan lain hal, atau karena alergi.

Ternyata serat tidak hanya didapat dari sayuran saja. Serat bisa didapat dari olahan makanan yang lain dan buah-buahan. Karena memang sudah terbukti bahwa sayur dan buah-buahan adalah sumber makanan yang kaya akan serat. Namun masalahnya ternyata banyak dari kita yang tidak suka dengan sayur. Berikut beberapa tips bagi anda yang tidak doyan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat:

Alihkan Kebutuhan Serat Pada Sumber Makanan Buah.
Selain sayur adalah buah yang disebut sebagai sumber makanan yang banyak mengandung serat. Pilih buah yang paling anda sukai. Selain untuk kebutuhan diet, serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah. Berikut beberapa buah yang banyak mengandung serat: Lemon, Pisang, Nanas segar, Jeruk, Mangga, Pepaya. Untuk cara makannya agar kebutuhan serat lebih maksimal adalah jangan mengolahnya menjadi jus ataupun dimasak, karena dengan cara ini bisa merusak bentuk seratnya menjadi halus. Sebaiknya dimakan dengan dipotong kecil atau dimakan utuh. Maka dari itu saya sarankan jangan minum jus anda jika anda diet.

Cari Makanan Olahan Yang Mengandung Serat Tinggi
Anda tentu mengenal rumput laut bukan? Ya, rumput laut ternyata sumber makanan yang banyak mengandung serat, bahkan sususan seratnya sangat kuat. Olahan rumput laut dalam makanan yang terbanyak dan mudah ditemui adalah agar-agar atau jelly. Maka anda bisa menggunakan olahan ini untuk memenuhi kebutuhan serat anda. Misalkan ketika anda masak nasi, boleh diberikan sedikit bubuk agar-agar. Maka ketika anda makan serat terpenuhi namun tanpa rasa.

Suplemen Makanan Serat
Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli suplemen makanan yang mengandung serat tinggi. Namun sebaiknya anda konsultasikan dengan trainer anda dalam diet untuk mengkonsumsi suplemen makanan ini. Pilih suplemen yang aman dan telah direkomendasikan dalam dunia kesehatan dengan standar yang ada.

Itulah beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan serat anda yang tidak bisa makan sayur. Dari ketiga tips diatas, yang paling direkomendasikan adalah makan buah. Selamat mencoba semoga bermanfaat


Tag: tips diet tips diet serat sayur buah suplemen makanan sumber makanan kesehatan konsumsi rekomendasi masak jus

Komentar

  1. Setelah liburan panjang akhirnya bisa posting lagi... selamat Hari Raya Idul fitri Mohon maaf lahir bathin.

    BalasHapus
  2. nanas ma pepaya yang super seratnya tinggi. Setiap susah buang air besar, pastinya buah ini yang jadi sasaran.

    BalasHapus
  3. aku lebih suka buah daripada sayur.kalau kurang makan sayur biasanya aku makan asinan,salad atau gado-gado

    BalasHapus
  4. buah cukup realitis, kalau rumput laut campur nasi, bahannya cukup dari bubuk agar2 yah?

    BalasHapus
  5. dalammenu makan tiap hari harus ada unsur serat di dalamnya

    BalasHapus
  6. waah muantab tipsnyaaa... semoga berguna buat yang mau diet nih..

    BalasHapus
  7. Lebih aman kalau mengkonsumsi serat langsung dari sumbernya secara alami

    BalasHapus
  8. setelah Lebaran suka susah cari sayur, makanya perut suka bermasalah setelah diisi serba lemak

    selamat Idul Fitri, maaf telat ya he..he..

    BalasHapus
  9. kebetulan saya paling suka sayur, apalagi yang lalapan dicolek ke sambel terasi plus ikan asin, pasti manteb makannya.
    Kalo buah, justru sekedarnya saja.

    BalasHapus
  10. saya memang kurang suka makan sayur, setelah membaca artikel ini, saya sadar, sepertinya saya akan mendapatkan banyak masalah bila saya tetap tidak suka sayur. thanks

    BalasHapus
  11. #R10:
    yang lebih dekat hanya bubuk agar-agar. Bila bisa mendapatkan agar-agar kering juga bisa. hanya saja tidak bisa bertahan lama.

    BalasHapus
  12. tapi saya sih lebih milih diet dg makan sayuran. soalnya suka sayur

    BalasHapus
  13. banyak makan buah sudah mewakili serat aku rasa
    tapi sayur kesukaanku gan

    BalasHapus
  14. Aku kurang suka sayur dan jarang makan buah..hiks...

    BalasHapus
  15. #Sang Cerpenis:
    Iya mbak, saya juga suka sayur.

    #Obat Sakit 2011:
    Sama sob, aku juga suka sayur. Tapi kalo buat camilan ya mending pilih buah hahaha...

    #Dewi fatma:
    Mang napa Bu??? gak kebeli apa? atau susah nyarinya...

    BalasHapus
  16. #Tiang antrian:
    Sama-sama sob...

    BalasHapus
  17. bagus bgt tips nya ...aku simpan dech

    BalasHapus
  18. #Sembara:
    Silahkan sob, semoga bermanfaat ya...

    BalasHapus
  19. Dear.

    Sebenarnya udah lama saya mendapatkan petuah yang sama..... kalo mau diet maka jangan minum jus buah.... makan buah dalam keadaan apa adanya.... maksudnya yach di kupas dong kalo berkulit dan buang bijinya.... ntar ambeyen kalo biji duren juga di makan.... heee... thanks ya informasinya.....



    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  20. rumput laut memang berserat tinggi,,
    kalau pengen banyak konsumsi diolah makanan lebih nikmat,,
    agar prosess diet lancar,,

    BalasHapus
  21. @Keluarga Zulfadhli
    Maksudnya agar serat yang terkandung diddalamnya tidak rusak bang... sayangkanbuahnya...

    BalasHapus
  22. @Turun Berat Badan: rumput laut memang berserat tinggi,,,

    Ini juga berpengaruh pada pola makan. Jika konsumsi terlalu banyak juga bisa berbahaya pada bagian usus, atau malah kekurangan air untuk tubuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

PERHATIAN !!!!

Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang dibaca.

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!!

Jangan promo barang (jika referensi pengetahuan silahkan), berbau judi dan sara.