Home » Cerita , Keluarga , Kesehatan » Bagaimana Jika Golongan Darah Anak Berbeda dengan Orang Tuanya?

Bagaimana Jika Golongan Darah Anak Berbeda dengan Orang Tuanya?

Golongan Darah
Ilustrasi: 123RF


“Bunda... tadi di sekolah Rahma ada tes golongan darah, golongan darah Rahma koq berbeda dengan golongan darah ayah dan bunda? Golongan darah bunda A, golongan darah ayah B, koq Rahma O? ”

Pertanyaan diatas mungkin pernah terpikir dan diucapkan oleh beberapa orang dari kita, saat tahu golongan darah kita berbeda dari orang tua kita. Pertanyaan ini muncul bisa menjadi hal yang wajar karena memang banyak dari kita yang tidak memahami hal ini. Secara biologi cara melakukannya pun cukup sederhana dengan menggunakan serum anti A, serum anti B,serum anti AB serta anti Rh facktor dan darah dari yang ingin di tes golongan darahnya. Tetap saja kita juga banyak yang tidak paham akan hal ini.

Terkadang karena ketidaktahuan kita ketika menonton tayangan sebuah sinetron bisa menyebabkan buah hati kita berfikir yang bukan-bukan dengan adanya perbedaan golongan darah dengan orang tuanya. Bagaimana bunda dan ayah bisa menjelaskan? Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa menjelaskannya dengan sederhana.

Biasanya bila dijelaskan dengan bahasa biologinya lebih sering atau kebanyakan ayah dan bunda tampak kebingungan dengan bahasa yang tidak awam. Jadi disini akan dijelaskan dengan menggunakan tabel sederhana...

Tabel pertama adalah pertemuan golongan darah Ayah (Daftar Horisontal Atas) dan Bunda (Daftar Vertikal Kiri) dan kemungkinan golongan darah pada anak.



Ayah AAyah BAyah ABAyah O
Bunda AA, OA, B, O, ABA, B, ABA, O
Bunda BA, B, AB, OB, OA, B, ABB, O
Bunda ABA, B, ABA, B, ABA, B, ABA, B
Bunda OA, OB, OA, BO

Penggolongan darah pada keturunan merupakan faktor genetik pada anak. Jadi... sama seperti wajah dan ciri-ciri yang terlihat anak, golongan darah juga diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Gen yang diturunkan bisa berupa gen homozigot (gen yang sama) atau gen heterozigot (gen yang tidak sama). Nah.. untuk menentukan gen ayah atau bunda homozigot atau heterozigot bisa dilihat dari golongan darah orang tua dari ayah atau bunda.

Dalam golongan darah A faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IAIA) atau gen heterozigot (IAIO), dalam golongan darah B faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IBIB) atau heterozigot (IBIO), dalam golongan darah AB faktor genetik berupa gen (IAIB) sedangkan golongan darah O dibawa oleh gen (IOIO) .
Nah perbedaan genetik inilah yang bisa menjadikan golongan darah antara ayah dan bunda berbeda dengan si buah hati, tergantung sifat gen dari golongan darah orang tua, apakah bersifat homozigot atau heterozigot.

Contoh :
Bunda bergolongan darah A heterozigot dengan gen (IAIO) dari orang tua yang bergolongan darah A dan O
Ayah bergolongan darah B heterozigot dengan gen (IBIO) dari orang tua yang bergolongan darah B dan O
Kemungkinan golongan darah pada anak-anak dari pasangan ini adalah:


Bunda IABunda IO
Ayah IBIAIB (AB)IBIO (B)
Ayah IOIAIO (A)IOIO (O)

Dari tabel diatas kemungkinan anak-anak dari pasangan ini mempunyai kesempatan 25% dari masing-masing golongan darah.

Jadi... buat ayah dan bunda yang mempunyai golongan darah yang berbeda dengan buah hati, jangan langsung khawatir. Bisa dilihat dari tabel diatas. Untuk lebih memastikan bisa ajak buah hati anda ke rumah sakit untuk melakukan tes golongan darah yang lebih akurat.
Share this article :

39 komentar :

  1. wah, manfaat banget ni atikel...biar ga ada pikiran buruk kalau beda belum tentu bukan anak kita kan? thankz ya

    BalasHapus
  2. saya bergolongan darah o, mantan suami mengakunya juga bergolongan darah o. orangtua mantan suami, ayah o, ibu b-, dan orangtua saya, ayah o, ibu o. anak pertama saya, gol darahnya o, tapi mengapa anak bungsu saya gol darahnya B+ ya? mantan suami dan keluarganya jg sempat mempertanyakan knp koq yang bungsu beda gol darahnya? mohon penjelasannya.
    thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya golongan darah anak O, seperti terlihat pada tabel paling atas. Jika anda masih ragu bisa dilakukan tes ulang untuk ayah bunda dan anak nya. ke Dokter.

      Hapus
  3. kalo suami golongan darah O si istri B mungkinkah anaknya golongan darahnya AB ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya golongan darah anak B atau O. Seperti pada tabel yang terlihat dan juga penjelasan heterozigot di bawahnya.

      Hapus
  4. hmm pusing juga untuk di mengerti ini, aku rada bingung. hehee

    Pintu dan Jendela

    BalasHapus
  5. saya golongan darah A, istri juga golongan darah A, bapak saya golongan darah A, Ibu saya golongan darah O, mertua laki-laki saya golongan darah A dan mertua perempuan saya AB. mungkin tidak jika anak saya golongan darahnya O ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika melihat pada tabel paling atas, Jika Ayah A bunda A, kemungkinan anak adalah A dan O.

      Hapus
  6. waktu sekolah dulu juga diajarkan mengenai golongan darah dan bagaimana golongan darah keturunannya.. seperti yang ada dalma artikel. Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  7. Kalau golongan darah O bombay gimana, tabel mana yang di pakai,.. Dan apakah pasti, bila salah satu orang tua bergolongan AB, anaknya tidak ada yang bergolongan darah O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi anda yg bergolongan darah bombay/para bombay dibutuhkan segera bantuannya untuk transfusi pada seorang bayi. jika berkenan hub : RSB Hermina Jatinegara Jaktim 0218191223, terima kasih

      Hapus
  8. Bpk sy O, ibu sy A, sy B.. yg salah tabel ny ato siapa? sy bingung,, ibu sy ga ngasih jwb an yg memuaskan, smentara sy ga tega nanya k bpk sy. tp jika ad kmungkinan sy punya bpk yg lain, sy kadang2 pengen tw jg. ga perlu kenal jg gpp, pengen tw aj, klo bs pengen liat jg sh ehehe

    BalasHapus
  9. Mau nanya nih, ayah gol AB dengan ibu gol O mungkin tidak punya anak dg gol O?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mungkin
      anaknya hanya bisa bergolongan darah A atau B

      Hapus
  10. seorang ayah bergolongan darah O, dan sang Ibu bergolongan darah A. anak kedua bergolongan darah O. tpi kenapa anak ke tiga bergolongan darah B ???
    tolong balas ke imel saya ita.jhunhee@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. ayah saya bergolongan darah O dan ibu saya bergolongan darah B, kok saya bergolongan darah AB ya, tolong dong penjelasanya :D

    BalasHapus
  12. for All : untuk kepastiannya silahkan langsung cek golongan darah di PMI atau rumah sakit yang ada di kota kalian. biasanya ada kesalahan waktu cek sebelumnya.

    BalasHapus
  13. Aq O....
    Aq udak cek sndiri pakai Anti A n Anti B...
    Drahku tdak mngental.....

    BalasHapus
  14. TOKO BELANJA ONLINE BEBAS RESIKO DAN TERPERCAYA DI LUNA SHOP.BURUAN BELANJA DAN DAPATKAN PROMO BANTING HARGA UNTUK SEMUA PRODUK KAMI Dijual.BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5740-7634 atau klik website resmi kami di www.lunashop77.blogspot.com

    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando Black Rp.900.000,-

    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-

    Ready Stoc...k! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-

    Ready Stock! Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-

    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000

    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 Titanium Si.

    Rp.1.500.000,-...
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 Pink Rp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Samsung Galaxy Y S5360 GSM Pure White Rp.500.000,-

    Nokia Lumia 800 MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 800 Matt Black Rp.1.700.000,-

    Ready Stock! Nokia Lumia-710-white Rp. 900.000,-

    Ready Stock! Nokia C2-06 Touch & Type Dual GSMRp.450.000,-

    Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 710 Black Rp. 900.000,- Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) Black Rp.1.200.000,-

    Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.1.200.000,-

    Ready Stock!

    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB Rp.700.000.

    Ready Stock!

    APPLE iPod Nano 8GB Pink Rp.500.000,-

    Ready Stock! Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue Rp 1.700.000.

    Acer Aspire One AOD270 10.1 Netbook.

    Ready Stock! Acer Aspire One AOD270 10.1 Rp. 1.000.000,-

    Acer TravelMate TM8481-2462G32 14 Notebook.

    Ready Stock! Acer TravelMate TM8481-2462G32 Rp. 1.400.000

    Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook (with Keyboard Docking).

    Ready Stock! Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook Rp. 1.100.000,-

    Ready Stock!

    Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr Rp 1.300.000.

    Ready Stock!

    Nikon Coolpix L 120 Red Rp. 900.000

    Ready Stock!

    Nikon Coo lpix P 500 Black Rp.1.000.000

    BalasHapus
  15. Trimakasih. Sangat membantu

    BalasHapus
  16. Bapak&Ibu saya golongan darah O tapi saya golongan darah A..Dan saya baru tau lewat cek darah..Tolong solusix krn pikiran saya negatif terus sama orangtua..

    BalasHapus
  17. ohh begituu yaa,, makasih infonyaa,, sangat bermanfaat,, ^^

    BalasHapus
  18. Ayah saya golongan darah AB dari ayah O dan Ibu AB. Sedangkan Ibu saya golongan darah B dari ayah B dan Ibu O. Trus golongan darah saya kok O? Tidak sama dengan orang tua saya. Apakah mungkin golongan darah anak bisa tίdak sama dengan orang tua?

    BalasHapus
  19. Kalau misalkan suami istri gol darah AB heterozigote,,kemungkinan anak2nya mempunyai gol darah apa aja admin?
    apa benar kemungkinan seperti ini min:
    Gol Darah A: 25 %
    Gol Darah B: 25%
    Gol Darah AB: 50%

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau golongan darah AB pasti heterozigot. prosentase kemungkinan pada si anak sudah bener 25 % A homozigot, 25% B homozigot, dan 50% AB heterozigot

      Hapus
  20. Bapak saya golongan darahnya O ibu saya A tapi saya B. Itu gimana ya? Kok bisa berbeda?

    BalasHapus
  21. Klo anak perempuan pertama lebih cenderung ikut goldar ayah ato ibu ?? Bagaimana menentukan goldar yg benar2 akurat jika : A ( ibu ) + B ( ayah ) dan A ( ibu ) + A ( ayah ) kedua materi tersebut memiliki hasil yg sama.. mohon jawabannya tks.

    BalasHapus
  22. Jika ayah B ibu O apakah bisa anak A ?tolong dijwb gan makasih

    BalasHapus
  23. Gol.Darah Ayah AB sdngkan Ibu Gol.darah'y B..tpi Sy O ..

    BalasHapus
  24. Golongan darah ayah dan ibu saya o . Tapi golongan darah saya b . Apakah ada hubungannya jika ayah dan ibu bergolongan darah o mempunyai anak yang bergolongan b . Dari tabel di atas saya baca tidak ada hubungannya

    BalasHapus
  25. For all: jika anda memiliki perbedaan yang tidak sesuai dengan tabel di atas, sebaiknya dilakukan cek ulang golongan darah anda dan orang tua, bisa saja ada kemungkinan salah cek di awal. Karena memang ini jyga sering terjadi. Cek bisa sampai tiga kali. Jika tetap berbeda bisa tanyak kepada dokter dan orangtua. Tanyakan baik-baik ya....

    BalasHapus
  26. Ayah saya B
    Ibu saya AB
    Ko saya bisa O
    Sedangkan ditabel tidak di sebutkan

    BalasHapus
  27. pantas saja ,
    Ayah saya : O
    Ibu saya : AB
    Abang saya : B
    Dan saya : A

    hahaha... satu keluarga yang lengkap :D

    BalasHapus
  28. ibu saya B , dan ayah saya AB ,, sedangkan saya O .. itu gmna ya??? mohon jwbannya ..

    BalasHapus

Berkomentarlah untuk memberikan pendapat yang bisa digunakan untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

Jangan Tinggal link hidup di dalam komentar!!! nanti akan oyomatis terhapus komennya yang muncul adalah peringatan.

 
Dukung: Indonesia Bebas Rokok 2014
Copyright © 2009 - 2014. Blog Keluarga - All Rights Reserved
Template oleh www.maskolis.com Publikasi Template oleh www.mastemplate.com
Dukungan Penuh oleh Blogger