Bagaimana Jika Golongan Darah Anak Berbeda dengan Orang Tuanya?

“Bunda... tadi di sekolah Rahma ada tes golongan darah, golongan darah Rahma koq berbeda dengan golongan darah ayah dan bunda? Golongan darah bunda A, golongan darah ayah B, koq Rahma O? ”

Pertanyaan diatas mungkin pernah terpikir dan diucapkan oleh beberapa orang dari kita, saat tahu golongan darah kita berbeda dari orang tua kita. Pertanyaan ini muncul bisa menjadi hal yang wajar karena memang banyak dari kita yang tidak memahami hal ini. Secara biologi cara melakukannya pun cukup sederhana dengan menggunakan serum anti A, serum anti B,serum anti AB serta anti Rh facktor dan darah dari yang ingin di tes golongan darahnya. Tetap saja kita juga banyak yang tidak paham akan hal ini.

Terkadang karena ketidaktahuan kita ketika menonton tayangan sebuah sinetron bisa menyebabkan buah hati kita berfikir yang bukan-bukan dengan adanya perbedaan golongan darah dengan orang tuanya. Bagaimana bunda dan ayah bisa menjelaskan? Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa menjelaskannya dengan sederhana.

golongan-darah

Biasanya bila dijelaskan dengan bahasa biologinya lebih sering atau kebanyakan ayah dan bunda tampak kebingungan dengan bahasa yang tidak awam. Jadi disini akan dijelaskan dengan menggunakan tabel sederhana...

Tabel pertama adalah pertemuan golongan darah Ayah (Daftar Horisontal Atas) dan Bunda (Daftar Vertikal Kiri) dan kemungkinan golongan darah pada anak.



Ayah AAyah BAyah ABAyah O
Bunda AA, OA, B, O, ABA, B, ABA, O
Bunda BA, B, AB, OB, OA, B, ABB, O
Bunda ABA, B, ABA, B, ABA, B, ABA, B
Bunda OA, OB, OA, BO

Penggolongan darah pada keturunan merupakan faktor genetik pada anak. Jadi... sama seperti wajah dan ciri-ciri yang terlihat anak, golongan darah juga diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Gen yang diturunkan bisa berupa gen homozigot (gen yang sama) atau gen heterozigot (gen yang tidak sama). Nah.. untuk menentukan gen ayah atau bunda homozigot atau heterozigot bisa dilihat dari golongan darah orang tua dari ayah atau bunda.

Dalam golongan darah A faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IAIA) atau gen heterozigot (IAIO), dalam golongan darah B faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IBIB) atau heterozigot (IBIO), dalam golongan darah AB faktor genetik berupa gen (IAIB) sedangkan golongan darah O dibawa oleh gen (IOIO) .
Nah perbedaan genetik inilah yang bisa menjadikan golongan darah antara ayah dan bunda berbeda dengan si buah hati, tergantung sifat gen dari golongan darah orang tua, apakah bersifat homozigot atau heterozigot.

Contoh :
Bunda bergolongan darah A heterozigot dengan gen (IAIO) dari orang tua yang bergolongan darah A dan O
Ayah bergolongan darah B heterozigot dengan gen (IBIO) dari orang tua yang bergolongan darah B dan O
Kemungkinan golongan darah pada anak-anak dari pasangan ini adalah:


Bunda IABunda IO
Ayah IBIAIB (AB)IBIO (B)
Ayah IOIAIO (A)IOIO (O)

Dari tabel diatas kemungkinan anak-anak dari pasangan ini mempunyai kesempatan 25% dari masing-masing golongan darah.

Jadi... buat ayah dan bunda yang mempunyai golongan darah yang berbeda dengan buah hati, jangan langsung khawatir. Bisa dilihat dari tabel diatas. Untuk lebih memastikan bisa ajak buah hati anda ke rumah sakit untuk melakukan tes golongan darah yang lebih akurat.

Artikel Terkait

Henny Faridah adalah sebuah blog pribadi yang berisi artikel tentang wanita dan hal hal lain yang berhubungan dengan wanita (perempuan) seperti jika wanita bercerita tentang Anak, Keluarga, Pendidikan, Keuangan, Resep Masakan, Kesehatan dan lainnya. Sesuai dengan namanya juuga jika blog ini identik dengan wanita. Sebenarnya blog ini adalah milik Budi Mulyono sengaja membuat blog wanita dengan nama istrinya Henny Faridah Murniaty Harahap dengan domain yang disingkat menjadi HennyFaridah.

52 komentar

komentar
Selasa, 22 Januari 2013 15.43.00 GMT+8 delete

wah, manfaat banget ni atikel...biar ga ada pikiran buruk kalau beda belum tentu bukan anak kita kan? thankz ya

Reply
avatar
Anonim
Rabu, 13 Februari 2013 11.10.00 GMT+8 delete

saya bergolongan darah o, mantan suami mengakunya juga bergolongan darah o. orangtua mantan suami, ayah o, ibu b-, dan orangtua saya, ayah o, ibu o. anak pertama saya, gol darahnya o, tapi mengapa anak bungsu saya gol darahnya B+ ya? mantan suami dan keluarganya jg sempat mempertanyakan knp koq yang bungsu beda gol darahnya? mohon penjelasannya.
thx.

Reply
avatar
Kamis, 14 Februari 2013 16.34.00 GMT+8 delete

Seharusnya golongan darah anak O, seperti terlihat pada tabel paling atas. Jika anda masih ragu bisa dilakukan tes ulang untuk ayah bunda dan anak nya. ke Dokter.

Reply
avatar
Ritania
Jumat, 22 Februari 2013 17.02.00 GMT+8 delete

kalo suami golongan darah O si istri B mungkinkah anaknya golongan darahnya AB ?

Reply
avatar
Sabtu, 23 Februari 2013 13.19.00 GMT+8 delete

Seharusnya golongan darah anak B atau O. Seperti pada tabel yang terlihat dan juga penjelasan heterozigot di bawahnya.

Reply
avatar
Selasa, 26 Februari 2013 14.50.00 GMT+8 delete

hmm pusing juga untuk di mengerti ini, aku rada bingung. hehee

Pintu dan Jendela

Reply
avatar
Anonim
Rabu, 06 Maret 2013 13.08.00 GMT+8 delete

saya golongan darah A, istri juga golongan darah A, bapak saya golongan darah A, Ibu saya golongan darah O, mertua laki-laki saya golongan darah A dan mertua perempuan saya AB. mungkin tidak jika anak saya golongan darahnya O ???

Reply
avatar
Kamis, 07 Maret 2013 16.35.00 GMT+8 delete

waktu sekolah dulu juga diajarkan mengenai golongan darah dan bagaimana golongan darah keturunannya.. seperti yang ada dalma artikel. Terimakasih infonya.

Reply
avatar
Jumat, 08 Maret 2013 15.44.00 GMT+8 delete

Jika melihat pada tabel paling atas, Jika Ayah A bunda A, kemungkinan anak adalah A dan O.

Reply
avatar
Jumat, 08 Maret 2013 22.46.00 GMT+8 delete

Kalau golongan darah O bombay gimana, tabel mana yang di pakai,.. Dan apakah pasti, bila salah satu orang tua bergolongan AB, anaknya tidak ada yang bergolongan darah O

Reply
avatar
Anonim
Jumat, 29 Maret 2013 02.44.00 GMT+8 delete

Bpk sy O, ibu sy A, sy B.. yg salah tabel ny ato siapa? sy bingung,, ibu sy ga ngasih jwb an yg memuaskan, smentara sy ga tega nanya k bpk sy. tp jika ad kmungkinan sy punya bpk yg lain, sy kadang2 pengen tw jg. ga perlu kenal jg gpp, pengen tw aj, klo bs pengen liat jg sh ehehe

Reply
avatar
Anonim
Sabtu, 30 Maret 2013 18.52.00 GMT+8 delete

Mau nanya nih, ayah gol AB dengan ibu gol O mungkin tidak punya anak dg gol O?
Terima kasih sebelumnya.

Reply
avatar
Anonim
Sabtu, 13 April 2013 02.08.00 GMT+8 delete

tidak mungkin
anaknya hanya bisa bergolongan darah A atau B

Reply
avatar
Anonim
Sabtu, 13 April 2013 20.22.00 GMT+8 delete

seorang ayah bergolongan darah O, dan sang Ibu bergolongan darah A. anak kedua bergolongan darah O. tpi kenapa anak ke tiga bergolongan darah B ???
tolong balas ke imel saya ita.jhunhee@gmail.com
terima kasih sebelumnya

Reply
avatar
Rabu, 24 April 2013 10.03.00 GMT+8 delete

ayah saya bergolongan darah O dan ibu saya bergolongan darah B, kok saya bergolongan darah AB ya, tolong dong penjelasanya :D

Reply
avatar
Rabu, 24 April 2013 23.44.00 GMT+8 delete

for All : untuk kepastiannya silahkan langsung cek golongan darah di PMI atau rumah sakit yang ada di kota kalian. biasanya ada kesalahan waktu cek sebelumnya.

Reply
avatar
Jumat, 17 Mei 2013 16.16.00 GMT+8 delete

kalo aku sih golongan darah nya A dong :D

Reply
avatar
Anonim
Selasa, 28 Mei 2013 03.16.00 GMT+8 delete

Aq O....
Aq udak cek sndiri pakai Anti A n Anti B...
Drahku tdak mngental.....

Reply
avatar
Jumat, 12 Juli 2013 22.23.00 GMT+8 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Anonim
Senin, 15 Juli 2013 11.49.00 GMT+8 delete

Trimakasih. Sangat membantu

Reply
avatar
Senin, 14 Oktober 2013 09.31.00 GMT+8 delete

Bapak&Ibu saya golongan darah O tapi saya golongan darah A..Dan saya baru tau lewat cek darah..Tolong solusix krn pikiran saya negatif terus sama orangtua..

Reply
avatar
Anonim
Kamis, 19 Desember 2013 17.09.00 GMT+8 delete

Bagi anda yg bergolongan darah bombay/para bombay dibutuhkan segera bantuannya untuk transfusi pada seorang bayi. jika berkenan hub : RSB Hermina Jatinegara Jaktim 0218191223, terima kasih

Reply
avatar
Anonim
Selasa, 07 Januari 2014 00.13.00 GMT+8 delete

Ayah saya golongan darah AB dari ayah O dan Ibu AB. Sedangkan Ibu saya golongan darah B dari ayah B dan Ibu O. Trus golongan darah saya kok O? Tidak sama dengan orang tua saya. Apakah mungkin golongan darah anak bisa tίdak sama dengan orang tua?

Reply
avatar
Anonim
Kamis, 16 Januari 2014 19.25.00 GMT+8 delete

Kalau misalkan suami istri gol darah AB heterozigote,,kemungkinan anak2nya mempunyai gol darah apa aja admin?
apa benar kemungkinan seperti ini min:
Gol Darah A: 25 %
Gol Darah B: 25%
Gol Darah AB: 50%

Reply
avatar
Anonim
Kamis, 23 Januari 2014 17.59.00 GMT+8 delete

Bapak saya golongan darahnya O ibu saya A tapi saya B. Itu gimana ya? Kok bisa berbeda?

Reply
avatar
Sabtu, 08 Maret 2014 12.44.00 GMT+8 delete

kalau golongan darah AB pasti heterozigot. prosentase kemungkinan pada si anak sudah bener 25 % A homozigot, 25% B homozigot, dan 50% AB heterozigot

Reply
avatar
Minggu, 23 Maret 2014 05.01.00 GMT+8 delete

Klo anak perempuan pertama lebih cenderung ikut goldar ayah ato ibu ?? Bagaimana menentukan goldar yg benar2 akurat jika : A ( ibu ) + B ( ayah ) dan A ( ibu ) + A ( ayah ) kedua materi tersebut memiliki hasil yg sama.. mohon jawabannya tks.

Reply
avatar
Anonim
Kamis, 24 April 2014 18.51.00 GMT+8 delete

Jika ayah B ibu O apakah bisa anak A ?tolong dijwb gan makasih

Reply
avatar
Selasa, 20 Mei 2014 20.41.00 GMT+8 delete

Gol.Darah Ayah AB sdngkan Ibu Gol.darah'y B..tpi Sy O ..

Reply
avatar
Anonim
Senin, 09 Juni 2014 19.18.00 GMT+8 delete

Golongan darah ayah dan ibu saya o . Tapi golongan darah saya b . Apakah ada hubungannya jika ayah dan ibu bergolongan darah o mempunyai anak yang bergolongan b . Dari tabel di atas saya baca tidak ada hubungannya

Reply
avatar
Sabtu, 21 Juni 2014 06.34.00 GMT+8 delete

For all: jika anda memiliki perbedaan yang tidak sesuai dengan tabel di atas, sebaiknya dilakukan cek ulang golongan darah anda dan orang tua, bisa saja ada kemungkinan salah cek di awal. Karena memang ini jyga sering terjadi. Cek bisa sampai tiga kali. Jika tetap berbeda bisa tanyak kepada dokter dan orangtua. Tanyakan baik-baik ya....

Reply
avatar
Minggu, 20 Juli 2014 16.46.00 GMT+8 delete

Ayah saya B
Ibu saya AB
Ko saya bisa O
Sedangkan ditabel tidak di sebutkan

Reply
avatar
Minggu, 31 Agustus 2014 08.41.00 GMT+8 delete

pantas saja ,
Ayah saya : O
Ibu saya : AB
Abang saya : B
Dan saya : A

hahaha... satu keluarga yang lengkap :D

Reply
avatar
Senin, 22 September 2014 17.25.00 GMT+8 delete

ibu saya B , dan ayah saya AB ,, sedangkan saya O .. itu gmna ya??? mohon jwbannya ..

Reply
avatar
Sabtu, 08 November 2014 10.23.00 GMT+8 delete

Suami gol darah o istri ab...anak2nya ada yg golongan darah o, b, dan ab...lalu yg mana yg benar...?

Reply
avatar
Senin, 19 Januari 2015 20.13.00 GMT+8 delete

Aneh ya, golongan ayah saya O ibu saya B tapi saya AB

Reply
avatar
Anonim
Sabtu, 31 Januari 2015 19.50.00 GMT+8 delete

Goldar ibu ab dan ayah b. Dan anak2nya ada yg b. Ab dan o. Aku tanya kedokter biasa terjadi kok. Tabel itu gk 100% benar

Reply
avatar
Anonim
Sabtu, 31 Januari 2015 20.12.00 GMT+8 delete

Sama dikeluarga saya juga. Bahkan ada beberapa yg o bkn hanya sya. Dan sy tnya ke dokter memang biasa terjadi seperti itu. Tanyanya kedoktet jgn ketabel

Reply
avatar
Jumat, 10 Juli 2015 10.23.00 GMT+8 delete

penjelasan yang bagus,selama ini selalu berprasangka buruk aja

Reply
avatar
Jumat, 10 Juli 2015 10.25.00 GMT+8 delete

kirain teh harus sama dengan ayah atau ibu,bisa juga ya beda

Reply
avatar
Minggu, 30 Agustus 2015 11.22.00 GMT+8 delete

ane belum pernah nemuin golongan darah yg berbeda dng ortunya

Reply
avatar
Jumat, 09 Oktober 2015 02.57.00 GMT+8 delete

Tapi ibu sy ab . bapak sy o . kakak saya ab loh . pdhl d tabel hnya ad a dan b .

Reply
avatar
Minggu, 25 Oktober 2015 10.56.00 GMT+8 delete

I like the helpful information you provide in your articles.
I will bookmark your weblog and take a look at again right here frequently

Reply
avatar
Kamis, 29 Oktober 2015 11.47.00 GMT+8 delete

I like the helpful information you provide in your articles.

Reply
avatar
Sabtu, 28 November 2015 21.56.00 GMT+8 delete

Saya gol darah o, istri saya b... kemungkinan yg tejadi anak perempuan pertama kami bergolongan darah apa ya..? Mohon penjelasannya lewat email saya musrifinodebangsawan@gmail.com

Reply
avatar
Kamis, 25 Februari 2016 13.53.00 GMT+8 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Minggu, 19 Juni 2016 20.52.00 GMT+8 delete

hal ini juga saya alami, ayah golongan darah B sedangkan ibu golongan darah O, kakak dan adik golongan darah O, saya golongan darah A, dari fisik saya berbeda sendiri dengan keluarga. saya juga pernah bertanya kepada bbrpa dokter, keseluruhan menjawab tidak mungkin, sedangkan orang tua meyakinkan saya anak kandung. minta tolong penjelasannya. trimakasih

Reply
avatar
Minggu, 19 Juni 2016 20.55.00 GMT+8 delete

hal ini juga terjadi sama saya,, ayah golongan darah B, ibu golongan darah O, kakak dan adik golongn darah O, saya golongan darah A, secara fisik saya juga berbeda sendiri, pernah menanyakan dengan beberapa dokter, mereka menjawab tidak mungkin,,tp orang tua meyakinkan saya anak kandung. mohon penjelasannya , trimakasih

Reply
avatar
Rabu, 22 Juni 2016 22.02.00 GMT+8 delete

Orang tua saya golongan darah O semua,tapi saya kok golongan darah A sendiri ya?adik adik saya bergolongan darah O semua..Thx mohon jawaban nya

Reply
avatar